Tribun

Pesawat Tabrak SUTET, Aliran Listrik ke 90.000 Rumah Langsung Padam

Kecelakaan ini juga membuat pilot dan seorang penumpang di dalamnya terjebak, sementara ribuan orang di daerah itu harus terdampak pemadaman listrik.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pesawat Tabrak SUTET, Aliran Listrik ke 90.000 Rumah Langsung Padam
Aviation Source
Pesawat kecil jenis Mooney M20J yang menabrak menara SUTET di Maryland dan menyebabkan aliran listrik ke puluhan ribu rumah padam. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MARYLAND - Sebuah pesawat kecil menabrak menara transmisi listrik semacam saluran tegangan ekstra tinggi atau SUTET di Maryland, Amerika Serikat (AS)  pada hari Minggu malam waktu setempat.

Akibatnya, aliran listrik ke hampir 90.000 rumah di wilayah tersebut padam. 

Kecelakaan ini juga membuat pilot dan seorang penumpang di dalamnya terjebak, sementara ribuan orang di daerah itu harus terdampak pemadaman listrik mendadak.

Menurut Sputnik News, Selasa (29/11/2022), pihak berwenang di Gaithersburg, Maryland, mengatakan bahwa kru bekerja hingga larut malam untuk menyelamatkan dua orang yang terperangkap dalam pesawat itu.

Setelah aman, mereka akan mulai memulihkan listrik pada hampir 90.000 bangunan tempat tinggal dan bisnis yang saat ini tidak dialiri listrik.

Foto-foto yang diposting di media sosial menunjukkan bahwa pesawat terjerat kabel listrik dan menara transmisi baja yang biasanya digunakan untuk saluran tegangan tinggi.

Apa yang menyebabkan kecelakaan itu saat ini belum diketahui, meskipun daerah tersebut sempat mengalami cuaca buruk ringan pada saat kecelakaan terjadi.

Menara transmisi baja lebih tinggi dari tiang saluran listrik perumahan.

Penyedia utilitas Pepco mengaku sedang menilai kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan itu dan bekerja dengan petugas tanggap darurat untuk menyelesaikan situasi ini secepat mungkin.

Baca juga: Pesawat Tabrak Sebuah Rumah di AS, Sejumlah Orang Tewas

Perusahaan itu menuliskan cuitan pada hari Minggu malam bahwa mereka sedang menunggu untuk pembersihan lokasi oleh pihak berwenang, sebelum dapat mulai bekerja untuk memulihkan daya.

Pesawat yang diyakini sebagai Mooney M20J itu dilaporkan lepas landas dari Bandara Westchester County di White Plains, New York menuju Montgomery County Airpark di Gaithersburg, Maryland, sebelum jatuh.

Mooney M20J itu menabrak kabel pada hari Minggu, sekitar pukul 17.40 waktu setempat, beberapa mil dari Montgomery County Airpark di Montgomery Village.

Baca juga: Pesawat Tabrak Bangunan Beberapa Saat Setelah Lepas Landas, Ini Kesaksian dari Korban Selamat

Pada jam 9 malam, Kepala Pemadam Kebakaran Maryland Scott Goldstein mengatakan bahwa kru darurat telah melakukan kontak dengan dua penumpang pesawat yang tidak mengalami cedera berat.

Penanggap darurat perlu memastikan listrik benar-benar mati dan kabel benar-benar aman, sebelum mengamankan pesawat.

Mereka kemudian akan berusaha menyelamatkan penghuninya, kemudian layanan listrik dapat dipulihkan.

Gaithersburg berjarak sekitar 25 mil Barat Laut Washington DC, pemadaman listrik juga mempengaruhi ibu kota AS itu.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas