Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Emmanuel Macron Telepon Zelenskyy, Prancis Siap Kirim Tank AMX-10 RC ke Ukraina

Prancis siap mengirimkan tank AMX-10 RC ke Ukraina untuk menghadapi gempuran militer Rusia.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Emmanuel Macron Telepon Zelenskyy, Prancis Siap Kirim Tank AMX-10 RC ke Ukraina
LUDOVIC MARIN / POOL / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan konferensi pers di Istana Mariinsky di Kyiv, pada 16 Juni 2022. Prancis siap mengirimkan tank AMX-10 RC ke Ukraina untuk menghadapi gempuran militer Rusia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, PARIS – Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam sebuah panggilan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa Prancis akan mengirimkan kendaraan lapis baja ringan ke Ukraina.

"Kami akan meningkatkan bantuan ke Ukraina dengan mengirimkan tank AMX-10 RC,” kata Macron dalam sebuah pernyataan kepada wartawan.

Dikutip dari VoA News, Prancis sebelumnya juga telah memasok Kyiv dengan artileri canggih, kendaraan pengangkut personel lapis baja, rudal antipesawat, dan sistem pertahanan udara.

Dalam pidato Kamis (5/1/2023) malamnya, Zelenskyy berterima kasih kepada Prancis, menambahkan bahwa Ukraina membutuhkan sekutu lain untuk menyediakan senjata yang canggih.

“Saya sangat berterima kasih kepada Prancis karena telah membantu kami menyediakan senjata yang kami butuhkan,” kata Zelensky.

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden berencana untuk mengirim kendaraan tempur Bradley ke Ukraina.

BERITA TERKAIT

Joe Biden pada akhir tahun lalu juga telah memberikan rudal Patriot ke Ukraina, yang diklaim merupakan persenjataan tercanggih yang disediakan Barat untuk Kyiv.

Baca juga: Susul AS yang Kirim Bradley, Prancis Siap Perkuat Ukraina Dengan Tank AMX-10 RC

Ketika ditanya mengenai sistem rudal patriot, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa persenjataan tersebut sudah termakan usia dan tidak layak lagi digunakan dalam perang.

“Sistem pertahanan udara Patriot sudah ketinggalan zaman. Penangkalnya akan selalu ditemukan dan Rusia akan merobohkan sistem Patriot,” katanya saat itu.

Baca juga: AS Kirim 50 Tank Bradley ke Ukraina Dalam Paket Senjata Terbaru Senilai 2,8 Miliar Dolar AS

Awal pekan ini, Ukraina telah meluncurkan serangan ke barak militer Rusia di kota Makiivka, Ukraina timur yang dikuasai Moskow. Lantas, serangan itu membuat 89 tentara Rusia gugur.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas