Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Perpanjang Status Darurat Kesehatan Masyarakat, Semua Layanan Terkait Covid-19 Gratis!

AS memperpanjang status pandemi Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat, jutaan orang AS untuk terus menerima tes, vaksin dan perawatan gratis.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in AS Perpanjang Status Darurat Kesehatan Masyarakat, Semua Layanan Terkait Covid-19 Gratis!
US Embassy
Departemen Kesehatan Amerika Serikat (AS) resmi memperpanjang status pandemi Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat, memungkinkan jutaan orang AS untuk terus menerima tes, vaksin, dan perawatan gratis, Kamis (12/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Departemen Kesehatan Amerika Serikat (AS) Kamis (12/1/2023) kemarin mengumumkan perpanjangan status pandemi Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat, memungkinkan jutaan orang AS untuk terus menerima tes, vaksin, dan perawatan gratis.

Dikutip dari Reuters, keadaan darurat kesehatan di AS pertama kali diumumkan pada Januari 2020, ketika pandemi virus corona mulai menyebar luas, dan sejak saat itu diperbarui setiap triwulan.

Darurat kesehatan itu akan berakhir pada pekan ini.

Meningkatnya ketersediaan vaksin dan obat-obatan telah secara signifikan mengurangi jumlah korban pandemi Covid-19 sejak awal masa jabatan Presiden Joe Biden, ketika lebih dari 3.000 orang Amerika meninggal setiap hari.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan bahwa kasus harian di AS mulai meningkat akhir-akhir ini, dengan rata-rata lebih dari 67.000 kasus tercatat setiap pekannya.

“Jumlah kasus kematian akibat Covid-19 terkonfirmasi sebanyak 390 orang setiap harinya,” tambah CDC.

BERITA TERKAIT

Pejabat administrasi Biden pada akhir tahun lalu telah memperingatkan bahwa akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 di AS selama musim dingin dan mewanti-wanti untuk terus memperbanyak tes Covid-19.

Baca juga: Jelang Tahun Baru Imlek, WHO Kembali Soroti Data Covid-19 China

Di saat itu pula, pejabat administrasi biden mengatakan pihaknya akan menanggung biaya perawatan kesehatan terkait dengan Covid-19 untuk orang Amerika.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas