Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Akui Tarik Pasukan dari Soledar demi Keselamatan Personel Militer yang Tersisa

Ukraina akui menarik pasukannya dari Soledar di Provinsi Donetsk demi keselamatan personel militer yang tersisa dan tak ada yang ditawan oleh Rusia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Ukraina Akui Tarik Pasukan dari Soledar demi Keselamatan Personel Militer yang Tersisa
Ihor Tkachov / AFP
Tentara Ukraina dari brigade ke-68 menyiapkan peluru 120mm untuk ditembakkan dari peluncur mortir di posisi di sepanjang garis depan di wilayah Donetsk pada 9 Desember 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Pada Rabu (25/1/2023), Ukraina mengaku telah mundur dari Soledar di Provinsi Donetsk demi keselamatan militer yang tersisa. 

TRIBUNNEWS.COM - Militer Ukraina mengakui pasukannya mundur dari kota Soledar di wilayah Donetsk timur, Ukraina, demi keselamatan personelnya.

"Setelah berbulan-bulan pertempuran sengit, termasuk selama beberapa minggu terakhir, Angkatan Bersenjata Ukraina meninggalkan (Soledar) dan mundur di sepanjang pinggiran ke posisi yang telah disiapkan sebelumnya," kata juru bicara militer Ukraina, Serhiy Cherevaty, kepada AFP pada Rabu (25/1/2023).

Cherevaty tidak mengungkapkan kapan pasukan Ukraina ditarik dari Soledar.

Namun, dia mengatakan manuver itu telah direncanakan dengan hati-hati.

"Sementara beberapa (tentara) menguasai pinggiran Soledar, yang lain membangun garis pertahanan, memperkuat titik-titik baru, sementara pada saat yang sama memberikan serangan besar-besaran kepada musuh," ujarnya.

Baca juga: Di Tengah Perang Lawan Rusia, Ukraina Pecat Beberapa Pejabat Terkait Skandal Korupsi

Ukraina hanya mengakui adanya penarikan pasukan dan membantah adanya penangkapan pasukan Ukraina yang dilakukan oleh Rusia.

"Tidak ada penangkapan massal atau pengepungan pasukan Ukraina oleh Rusia," tambahnya, seperti diberitakan The Moscow Times.

BERITA TERKAIT

Perebutan total wilayah Donetsk timur Ukraina adalah tujuan militer utama Rusia di Ukraina.

Selain Kota Bakhmut dan Soledar yang ada di Provinsi Donetsk, pasukan Rusia juga menyerang Lyman, Avdiivka, dan desa Novopavlivka, menurut juru bicara Ukraina, Oleksandr Shtupun.

Provinsi Kharkiv, Sumy, Chernihiv utara, Luhansk paling timur, Zaporizhzhia tenggara, dan provinsi Kherson selatan juga menjadi target serangan Rusia.

Pemandangan dari udara Kota Soledar di Provinsi Donbas, Rusia, setelah dibombardir tentara Rusia, Selasa, 10 Januari 2023.
Pemandangan dari udara Kota Soledar di Provinsi Donbas, Rusia, setelah dibombardir tentara Rusia, Selasa, 10 Januari 2023. (MEHR NEWS)

Baca juga: Daftar 10 Pejabat Ukraina yang Dipecat oleh Presiden Zelensky terkait Kasus Korupsi

Pertempuran Soledar

Pertempuran di dalam dan sekitar Kota Soledar telah menjadi salah satu perang terberat, dengan pasukan Rusia.

Merebut kota itu akan memungkinkan untuk memutus rute pasokan Ukraina ke kota terdekat Bakhmut dan menjebak pasukan Ukraina yang tersisa di sana.

Sebelumnya, kelompok tentara bayaran Rusia Wagner mengatakan telah merebut kota itu pada Rabu (11/1/2023).

Kementerian Pertahanan Rusia pasukan Rusia mengendalikan kota tambang garam dengan populasi sebelum perang sekitar 10.000 jiwa pada Jumat (13/1/2023).

Rusia mengatakan, mengambil kendali Soledar adalah langkah penting untuk merebut kota Bakhmut yang lebih besar di dekatnya, seperti diberitakan Arab News.

"Situasi di Soledar hampir kritis -kota itu setengah dikelilingi. Hanya satu jalan yang tersisa untuk memasok pasukan kami," kata Oleh Zhdanov, seorang analis militer yang berbasis di Kyiv pada Jumat (13/1/2023).

Meski Rusia tidak menguasai seluruh bagian Soledar, namun pasukan Ukraina memilih mundur karena situasi tidak memungkinan untuk bertahan.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Konflik Rusia VS Ukraina

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas