Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Pembicara di Australian National University, Rektor Unhan Paparkan Kerjasama Keamanan Maritim

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, menjadi pembicara pada inagurasi Southeast Asia Institute di Australian

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Jadi Pembicara di Australian National University, Rektor Unhan Paparkan Kerjasama Keamanan Maritim
Istimewa
Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, menjadi pembicara pada inagurasi Southeast Asia Institute di Australian National University, Canberra, Australia pada Senin (1/5/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, menjadi pembicara pada inagurasi Southeast Asia Institute di Australian National University, Canberra, Australia pada Senin (1/5/2023).

Materi paparan berjudul "Maritime Security Cooperation: Trust Building Blocks" mendapat apresiasi dari para peserta.

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Luar Negeri Singapura Dr. Vivian Balakrishnan sebagai pembicara utama. Para panelis pembicara terdiri dari Duta Besar Cambodia, para profesor Perguruan Tinggi terkemuka Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, Australia, dan Selandia Baru.




Para peserta terdiri dari para dosen dan mahasiswa S2 dan S3 dari Australian National University (ANU) serta beberapa diplomat Kementerian Luar Negeri Australia dan negara anggota ASEAN.

Rektor Unhan menyampaikan analisa dinamika lingkungan strategis global dihadapkan berbagai peluang untuk meningkatkan kualitas kerjasama keamanan maritim. 

"Dari perspektif geopolitik, maka kerjasama keamanan maritim antar negara secara multilateral dapat ditingkatkan menjadi kerjasama antar organisasi regional," katanya.

"Peningkatan kerjasama sangat dibutuhkan utamanya mengatasi Transnational Organization Crimes dan menindak para pelaku polusi yang mencemari ekosistem kelautan," tambahnya. 

BERITA TERKAIT

Menurutnya, kerjasama keamanan maritim menjadi kepentingan bersama berdasarkan international security dan global security.

Baca juga: Rektor Unhan Sebut Pentingnya Pendidikan Militer Profesional dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Amarulla Octavian juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan pembicaraan intensif guna menyusun rencana penelitian bersama antara Unhan RI dan ANU di semester mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas