Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serang Terminal Minyak, Ukraina: Bagian Dari Serangan Balik ke Rusia

Natalya Gumenyuk, menyebut serangan tersebut jadi bagian bagian dari persiapan Kiev untuk serangan balasan yang direncanakan. Sebuah ledakan menggun

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Serang Terminal Minyak, Ukraina: Bagian Dari Serangan Balik ke Rusia
TELEGRAM/ @razvozhaev / AFP
Rekaman video ini diambil dari rekaman yang dirilis pada 29 April 2023, di saluran Telegram Mikhail Razvozhayev, gubernur Sevastopol yang dilantik Moskow, menunjukkan kebakaran besar di depot bahan bakar di Sevastopol. Kebakaran besar terjadi di depot bahan bakar di Sevastopol, pelabuhan utama di Krimea yang dicaplok Moskow, dengan pihak berwenang mengatakan itu akibat serangan pesawat tak berawak. "Sebuah cadangan bahan bakar terbakar di distrik Teluk Kazachya" di kota pelabuhan Krimea, Sevastopol, kata gubernur kota yang dilantik Rusia, Mikhail Razvozhayev, di Telegram. "Menurut informasi awal, itu disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak." Sevastopol adalah rumah bagi Armada Laut Hitam Rusia dan telah dilanda serangkaian serangan pesawat tak berawak sejak serangan Kremlin di Ukraina diluncurkan tahun lalu. 

TRIBUNNEWS.COM – Ukraina mengklaim serangannya ke terminal minyak di Krimea sebagai persiapan serangan balik.

Natalya Gumenyuk, juru bicara komando selatan militer Ukraina menyebut serangan tersebut jadi bagian bagian dari persiapan Kiev untuk serangan balasan yang direncanakan.

Sebuah ledakan mengguncang pelabuhan utama Sevastopol pada Sabtu pagi saat sebuah UAV menabrak salah satu fasilitas penyimpanan bahan bakar di kota tersebut.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-431: Serangan Drone Kyiv ke Sevastopol Krimea Picu Kebakaran

Kobaran api menelan sekitar seribu meter persegi dan menghancurkan empat tangki minyak, kata pihak berwenang setempat. Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut.

Kiev telah lama mengatakan bahwa merusak logistik militer Rusia adalah "salah satu elemen persiapan untuk tindakan aktif dan kuat oleh Pasukan Pertahanan" Ukraina, kata Gumenyuk dalam penampilan langsung TV pada hari Minggu.

Berbicara tentang serangan hari sebelumnya di Sevastopol, dia mengklaim bahwa "pekerjaan ini mewakili persiapan untuk serangan besar-besaran, yang diharapkan semua orang."

Crimea, yang diambil alih Rusia pada 2014 menyusul referendum yang diadakan setelah kudeta kekerasan di Kiev tahun itu, telah sering menjadi sasaran serangan drone udara dan laut sejak konflik meletus menjadi pertempuran terbuka pada Februari tahun lalu.

BERITA TERKAIT

Militer Ukraina dan pihak berwenang di Kiev biasanya enggan bertanggung jawab atas serangan-serangan itu, yang sebagian besar telah berhasil dipukul mundur oleh pasukan Rusia.

Baca juga: Gudang Minyak Rusia di Sevastopol Krimea Terbakar, Diduga akibat Serangan Drone

Dalam sebuah wawancara dengan media Nordik pada hari Jumat, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa "serangan balasan akan terjadi" dan menyatakan harapan bahwa hal itu akan memungkinkan Kiev untuk "menghilangkan pendudukan" Krimea serta wilayah baru Rusia: Republik Rakyat. Donetsk dan Lugansk, serta Wilayah Zaporozhye dan Kherson.

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang saat ini menjabat sebagai wakil kepala Dewan Keamanan negara itu, mengatakan bahwa klaim Zelensky adalah "delusi", tetapi memperingatkan bahwa, bagaimanapun, klaim tersebut tidak boleh diabaikan.

Menurut Medvedev, Rusia harus menggagalkan serangan balasan dengan mengirimkan "pemusnahan massal personel dan peralatan militer" dan menimbulkan "kekalahan militer maksimum" pada militer Ukraina. Setelah itu, “rezim Nazi di Kiev” harus “dibongkar seluruhnya,” tambahnya.

Awal pekan ini, Politico melaporkan bahwa pendukung utama Ukraina, AS, telah khawatir bahwa dampak dari serangan balasan yang sangat digembar-gemborkan bisa jauh dari harapan. Sementara itu, New York Times memperingatkan bahwa dukungan Barat untuk Kiev dapat melemah jika operasi tersebut tidak membawa "kemenangan yang menentukan".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas