Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Penembakan Massal di Mal Texas Renggut Delapan Nyawa

Seorang pria melepaskan tembakan di sebuah pusat perbelanjaan di Allen, negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu sore waktu setempat.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Aksi Penembakan Massal di Mal Texas Renggut Delapan Nyawa
Stewart F. House/Getty Images/AFP
Petugas darurat bekerja di lokasi penembakan di Allen Premium Outlets pada 6 Mei 2023 di Allen, Texas. Menurut laporan, seorang penembak melepaskan tembakan ke mal outlet, melukai sembilan orang yang dibawa ke rumah sakit setempat. Polisi telah mengkonfirmasi ada korban jiwa tetapi belum merinci berapa banyak. Penembak tak dikenal dinetralkan oleh petugas Polisi Allen menanggapi panggilan yang tidak terkait. 

TRIBUNNEWS.COM, TEXAS - Seorang pria melepaskan tembakan di sebuah pusat perbelanjaan di Allen, negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu sore waktu setempat. 

Peristiwa ini menewaskan delapan orang dan melukai tujuh orang.

Pelaku penembakan pun telah ditembak mati oleh aparat kepolisian.

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (8/5/2023), serangan itu terjadi di mal Allen Premium Outlets, pinggiran utara kota Dallas.

Polisi mengatakan bahwa seorang petugas pengamanan sedang merespons panggilan yang tidak terkait dengan insiden itu namun tiba-tiba mendengar suara tembakan.

"Petugas itu langsung melawan tersangka dan menetralisir ancaman tersebut," kata Departemen Kepolisian Allen dalam sebuah pernyataan.

Kepala Pemadam Kebakaran Allen, Jonathan Boyd mengatakan sembilan korban saat ini dirawat di rumah sakit, namun dua meninggal karena luka-luka yang mereka derita.

BERITA TERKAIT

Ia menambahkan bahwa tiga 'dalam orang dalam operasi kritis, dan empat kondisinya stabil'.

Menurut video dan foto yang tersebar di media sosial, penembaknya adalah seorang laki-laki yang mengenakan pakaian hitam serta kaca mata hitam selama aksi penyerangan.

CNN melaporkan bahwa pelaku tampaknya dipersenjatai dengan senapan semi-otomatis gaya AR-15 dan mengenakan pelindung tubuh.

"Hari ini adalah hari yang tragis bagi kota Allen, warga kami, teman-teman kami, dan pengunjung yang berada di Outlet Premium Allen. Allen adalah kota yang selama ini aman dan membanggakan, tentu saja tindakan kekerasan yang terjadi saat ini tidak masuk akal dan mengejutkan," kata Wali Kota Allen Ken Fulk. "

Tragedi itu terjadi seminggu setelah seorang pria menembak mati lima tetangganya di Cleveland, Texas.

Baca juga: Kasus Penembakan Massal Paling Mematikan di Amerika Serikat Sepanjang Tahun 2023

Tersangka kemudian ditangkap setelah empat hari diburu polisi.

Pada Maret lalu, aksi penembakan massal terjadi di sebuah sekolah Kristen di Nashville, Tennessee, yang menewaskan enam orang.

Polisi setempat pun menembak penyerang setelah tiba di lokasi kejadian.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas