Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inggris Ungkap Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Tembus Rp 3 Triliun

Inggris ungkap biaya pemakaman Ratu Elizabeth II tembus Rp 3 Triliun. Ratu Elizabeth dimakamkan pada 19 September 2022 setelah disemayamkan 10 hari.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in Inggris Ungkap Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Tembus Rp 3 Triliun
bbc.com
Potret Ratu Elizabeth II (kiri) dan Peti Jenazah Ratu Elizabeth II (kanan) - Departemen Keuangan Inggris mengungkap biaya pemakaman Ratu Elizabeth II. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Inggris menghabiskan £162 juta atau lebih dari Rp3 triliun untuk pemakaman Ratu Elizabeth II dan acara terkait.

Departemen Keuangan Inggris mengungkapkan rincian biaya pemakaman Ratu Elizabeth II pada minggu ini.

Kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, diikuti dengan sepuluh hari berkabung nasional, yang diakhiri dengan pemakaman kenegaraan pada 19 September 2022.

Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral di Skotlandia, dan menjadi ratu yang berkuasa terlama di Inggris.

"Kematian Ratu Elizabeth II adalah momen nasional yang sangat penting," kata Kepala Sekretaris Departemen Keuangan John Glen, dikutip dari RT.

Ia mengatakan, pemerintah harus memastikan acara pemakaman Ratu Elizabeth II berjalan dengan lancar dan dengan tingkat martabat yang sesuai, sambil memastikan keselamatan dan keamanan publik.

Baca juga: Penampakan Tempat Peristirahatan Terakhir Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor

Rincian biaya yang diberikan oleh Departemen Keuangan menunjukkan Kantor Dalam Negeri membayar jumlah terbesar sebesar £74 juta (lebih dari Rp1,3 triliun), diikuti oleh Departemen Kebudayaan, Media dan Olahraga, yang mencakup £57,4 juta (lebih dari Rp1 triliun).

BERITA TERKAIT

Pemerintah Skotlandia membayar £18,8 juta (lebih dari Rp349 miliar), sedangkan pemerintah Welsh dan Kantor Irlandia Utara masing-masing membayar sekitar £2 juta (lebih dari Rp37 miliar), dikutip dari Sky News.

Anggota 1st Battalion Grenadier Guards menggotong peti mati saat pemakaman Ratu Elizabeth II yang dibalut simbol Royal Standard menuju kereta meriam di luar Westminster Hall, Istana Westminster, London, Senin (19/9/2022).
Anggota 1st Battalion Grenadier Guards menggotong peti mati saat pemakaman Ratu Elizabeth II yang dibalut simbol Royal Standard menuju kereta meriam di luar Westminster Hall, Istana Westminster, London, Senin (19/9/2022). (AFP/EMILIO MORENATTI)

Baca juga: Berita Foto : Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Berlangsung Khidmat

Menurut Departemen Keuangan, pemerintah Skotlandia dan Welsh dan Kantor Irlandia Utara sepenuhnya dikembalikan untuk biaya masing-masing.

Diperkirakan 250.000 anggota masyarakat melihat mendiang ratu Inggris terbaring di London selama masa berkabung, dengan banyak yang mengantri berjam-jam untuk memberikan penghormatan.

Sang ratu dimakamkan di Kapel St. George di Kastil Windsor, Berkshire.

Raja Inggris Charles III mengenakan Mahkota negara Kekaisaran, dan Ratu Inggris Camilla mengenakan versi modifikasi dari gelombang Mahkota Ratu Mary dari balkon Istana Buckingham setelah melihat Angkatan Udara Kerajaan terbang melewati di pusat kota London pada 6 Mei 2023, setelah penobatan mereka. - Penobatan set-piece adalah yang pertama di Inggris dalam 70 tahun, dan hanya yang kedua dalam sejarah yang disiarkan televisi. Charles akan menjadi monarki ke-40 yang dimahkotai di gereja pusat London sejak Raja William I pada 1066. (Photo by Oli SCARFF / AFP)
Raja Inggris Charles III mengenakan Mahkota negara Kekaisaran, dan Ratu Inggris Camilla mengenakan versi modifikasi dari gelombang Mahkota Ratu Mary dari balkon Istana Buckingham setelah melihat Angkatan Udara Kerajaan terbang melewati di pusat kota London pada 6 Mei 2023, setelah penobatan mereka. - Penobatan set-piece adalah yang pertama di Inggris dalam 70 tahun, dan hanya yang kedua dalam sejarah yang disiarkan televisi. Charles akan menjadi monarki ke-40 yang dimahkotai di gereja pusat London sejak Raja William I pada 1066. (Photo by Oli SCARFF / AFP) (AFP/OLI SCARFF)

Baca juga: Penobatan Raja Charles III Menelan Biaya Rp1,8 Triliun dan Dihadiri 2.000 Tamu VIP

Dewan Kepala Kepolisian Nasional menggambarkan acara tersebut sebagai operasi terbesar yang pernah dilakukan oleh Kepolisian Metropolitan, menjelang upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade London 2012.

Penerus dan putra ratu, Raja Charles III, dinobatkan pada 6 Mei 2023 selama akhir pekan tiga hari perayaan penobatan, yang diperkirakan menelan biaya antara £50 juta (lebih dari Rp 930 miliar) dan £100 juta (lebih dari Rp 1,8 triliun).

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Ratu Elizabeth II

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas