Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Koalisi yang Dibangun Erdogan Jadi Idola Pemilih Muda di Pemilu Turki

Melalui Twitter, Erdogan mendesak kaum muda untuk tidak memperhatikan kebohongan dari pihak-pihak yang akan gagal dalam politik.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Koalisi yang Dibangun Erdogan Jadi Idola Pemilih Muda di Pemilu Turki
ILYAS AKENGIN/AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada pers selama kunjungannya ke kota Diyarbakir, Turki tenggara yang paling terpukul, lima hari setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda wilayah perbatasan Turki dan Suriah, pada 11 Februari 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, ANKARA - Koalisi yang dibangun Presiden Recep Tayyip Erdogan kini menjadi favorit di kalangan pemilih muda di Turki.

Seminggu jelang putaran kedua pemilu di Turki, Erdogan menyambut baik munculnya kecenderungan para pemilih muda yang memberikan suara kepadanya.

"Bertentangan dengan apa yang diklaim dan diyakini, dalam pemilu, kami mendapat dukungan terbesar dari pemuda," kata Erdogan pada pertemuan dengan 1.500 pemuda Turki di provinsi Adiyaman yang dilanda gempa seperti dikutip Daily Sabah.

Recep Tayyip Erdogan menambahkan, setelah ini dia dan timnya akan terus berkunjung ke zona gempa lain dan mendekatkan diri dengan kelompok pemuda.

"Dengan dukungan dan energi yang akan kami terima dari Anda, kami akan mengunjungi kembali kota-kota zona gempa, Adiyaman, Kahramanmaras, Hatay, Gaziantep, Malatya, dan Sivaz," lanjutnya.

Erdogan juga sempat menuduh lawannya, kubu Kemal Kilidaroglu, telah menanamkan pesimisme kepada pemuda. Erdogan menegaskan bahwa partainya, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) telah berjalan bersama para pemuda sejak awal.

Erdogan mengatakan, AK Party telah bekerja untuk melindungi kebebasan kaum muda selama 21 tahun berkuasa di Turki.

BERITA TERKAIT

Sabtu 20 Mei 2023 kemarin, Erdogan juga memberikan pesan penting kepada para pendukung mudanya. Melalui Twitter, Erdogan mendesak kaum muda untuk tidak memperhatikan kebohongan dari pihak-pihak yang akan gagal dalam politik.

"Selama 21 tahun partai berkuasa, kami tidak pernah mengusik gaya hidup pihak mana pun, kami juga tidak mengizinkan siapa pun mengganggu pakaian, cara berpikir, harapan, dan selera orang lain," tulis Erdogan.

Baca juga: Pemilu Turki Kian Sengit, Erdogan masih Memimpin Menuju Putaran Kedua Pertahankan Rezimnya

Kepada para anak muda, Erdogan menjanjikan program yang akan mendukung aktivitas mereka. Mulai dari pembangunan 208 universitas, 96 taman teknologi, 316 pusat desain, dan 1.249 pusat penelitian dan pengembangan.

Baca juga: Update Pemilu Turki: Erdogan Kantongi 49 Persen Suara, Menang Sementara di Putaran Pertama

Partai-partai pendukung Erdogan tahun ini sukses menggaet sekitar 5 juta pemilih baru.

Dalam kampanyenya, Erdogan sempat menjanjikan smartphone dan laptop bebas pajak, pinjaman pernikahan tanpa bunga, dana keluarga, pekerjaan, dan banyak lagi.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas