Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-470: Vladimir Putin Tanggapi Hancurnya Bendungan Nova Kakhovka

Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Ukraina melakukan tindakan biadad terkait serangan terhadap bendungan Nova Kakhovka yang menewaskan 3 orang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-470: Vladimir Putin Tanggapi Hancurnya Bendungan Nova Kakhovka
ALEKSEY FILIPPOV / AFP
Pasukan keamanan Ukraina mengangkut penduduk setempat dengan perahu selama evakuasi dari daerah banjir di Kherson pada 7 Juni 2023, menyusul kerusakan yang terjadi di bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovka. Ukraina mengevakuasi ribuan orang pada 7 Juni setelah serangan terhadap bendungan besar yang dikuasai Rusia mengeluarkan semburan air, menggenangi dua lusin desa dan memicu kekhawatiran akan bencana kemanusiaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam komentar publik pertamanya, Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Ukraina melakukan tindakan biadab terkait serangan terhadap bendungan Nova Kakhovka.

Sebagaimana diketahui, hancurnya bendungan tersebut mengakibatkan banjir yang meluas.

The Guardian melaporkan, bahwa tiga orang dipastikan tewas akibat banjir.




Di sisi lain, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyebut pasukan yang didukung Rusia gagal dalam upaya mereka mengevakuasi penduduk.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-470, yang dikutip dari Al Jazeera.

1. Update pertempuran

- Dalam komentar publik pertamanya, Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Ukraina melakukan tindakan biadab terkait serangan terhadap bendungan Nova Kakhovka.

BERITA TERKAIT

Sebagaimana diketahui, hancurnya bendungan tersebut menyebabkan banjir yang meluas.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-469: Rusia Diduga Serang Bendungan Nova Kakhovka

The Guardian melaporkan bahwa tiga orang dipastikan tewas akibat banjir.

- Di sisi lain, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pasukan yang didukung Rusia gagal dalam upaya mereka mengevakuasi penduduk.

- Zelensky menambahkan bahwa pasukan Rusia juga menembak petugas penyelamat Ukraina yang membantu mengevakuasi penduduk di daerah pendudukan Kherson setelah jebolnya bendungan.

- Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko mengatakan 30 pemukiman terendam banjir, 10 di antaranya berada di bawah kendali Rusia.

Hampir 6.000 orang dievakuasi dari kedua sisi sungai Dnipro.

- Palang Merah memperingatkan jebolnya bendungan itu akan meluas hingga lokasi ranjau darat di wilayah yang terkena dampak.

- Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, mengatakan Ukraina tidak meluncurkan serangan balasan yang diantisipasi, dan ketika itu terjadi, akan menjadi jelas bagi semua orang.

- Vyacheslav Gladkov, gubernur wilayah Belgorod Rusia mengatakan kota Shebekino terkena puluhan peluru dari Ukraina.

- Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, mengatakan pasukan maju dari 200 menjadi 1.100 meter (dari 218 menjadi 1.203 yard) di bagian depan sekitar Bakhmut.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-466: Ledakan di Dnipro, Bayi 2 Tahun Tewas dan 20 Warga Terluka

Gambar handout SkySat yang diambil dan dirilis oleh Planet Labs PBC pada 6 Juni 2023 ini menunjukkan air mengalir melalui bendungan HPP Kakhovka yang rusak di Ukraina selatan. Penghancuran sebagian pada 6 Juni 2023 dari bendungan besar yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan mengeluarkan semburan air yang membanjiri dua lusin desa yang memaksa evakuasi massal, memicu kekhawatiran akan bencana kemanusiaan di dekat garis depan perang. Moskow dan Kyiv saling menyalahkan karena merobek lubang menganga di bendungan Kakhovka karena ekspektasi yang dibangun selama dimulainya serangan Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu. (Photo by Handout / 2023 Planet Labs PBC / AFP)
Gambar handout SkySat yang diambil dan dirilis oleh Planet Labs PBC pada 6 Juni 2023 ini menunjukkan air mengalir melalui bendungan HPP Kakhovka yang rusak di Ukraina selatan. Penghancuran sebagian pada 6 Juni 2023 dari bendungan besar yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan mengeluarkan semburan air yang membanjiri dua lusin desa yang memaksa evakuasi massal, memicu kekhawatiran akan bencana kemanusiaan di dekat garis depan perang. Moskow dan Kyiv saling menyalahkan karena merobek lubang menganga di bendungan Kakhovka karena ekspektasi yang dibangun selama dimulainya serangan Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu. (Photo by Handout / 2023 Planet Labs PBC / AFP) (AFP/HANDOUT)

2. Update upaya diplomasi

- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan "penyelidikan komprehensif" untuk mengetahui penyebab ledakan Nova Kakhovka, menyusul telepon terpisah dengan Zelenskyy dan Putin.

Erdogan mengatakan penyelidikan dapat dilakukan dengan melibatkan perwakilan dari PBB, Ukraina, Rusia, dan komunitas internasional.

- Prancis berjanji untuk mengirim bantuan ke Ukraina untuk membantu negara itu menangani konsekuensi kemanusiaan dari ledakan bendungan.

- China menyatakan "keprihatinan serius" atas jebolnya bendungan yang dikuasai Rusia di Ukraina, dengan mengatakan mereka mengkhawatirkan "dampak kemanusiaan, ekonomi dan ekologi".

- Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan dia akan memimpin pertemuan pada hari Kamis dari panel koordinasi darurat dengan Ukraina tentang "kehancuran yang keterlaluan" dari Nova Kakhovka.

- Gedung Putih mengatakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menjadi tuan rumah Stoltenberg untuk pembicaraan pada hari Senin, satu bulan sebelum pertemuan puncak aliansi militer, dan Ukraina akan menjadi agenda utama.

- Perdagangan China dengan Rusia pada bulan Mei mencapai $20,5 miliar – level tertinggi dalam satu bulan sejak invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina, menurut data bea cukai resmi.

- Komisi Eropa memulai tindakan hukum terhadap Polandia atas pembentukan badan yang menyelidiki "pengaruh Rusia", yang dianggap menargetkan oposisi.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-464: Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Laut Hitam Dihentikan

3.  Update persenjataan

- Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan kontraktor militer Almaz-Antey untuk mempercepat pembuatan sistem pertahanan udara.

- Pendukung Kyiv telah melatih sekitar 54.000 tentara Ukraina, termasuk lebih dari 6.000 yang terdiri dari 12 batalyon yang telah diinstruksikan oleh AS dalam operasi senjata gabungan.

- Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, mengatakan Inggris tidak akan terhalang oleh "perang pedang" dari Rusia atas pengiriman senjata Barat ke Ukraina karena penting untuk melakukan "hal yang benar".

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas