Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-474: Ukraina Klaim Bebaskan 3 Desa di Donetsk Barat

Angkatan bersenjata Ukraina mengklaim telah membebaskan tiga desa garis depan di Donetsk barat, hampir seminggu setelah peluncuran serangan balasan.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-474: Ukraina Klaim Bebaskan 3 Desa di Donetsk Barat
Anatolii Stepanov / AFP
Prajurit Ukraina naik di atas kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) di wilayah Zaporizhzhya pada 11 Juni 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Angkatan bersenjata Ukraina mengklaim telah membebaskan tiga desa garis depan di Donetsk barat, hampir seminggu setelah peluncuran operasi serangan balasan.

Dalam rekaman video, tentara Ukraina terlihat mengibarkan bendera Ukraina di atas desa Blahodatne, selatan kota Velyka Novosilka, salah satu poros utama serangan balasan sejauh ini.

Pasukan dari brigade lain memfilmkan diri mereka sendiri dengan spanduk unit mereka di Neskuchne. Kemudian pada hari Minggu, Kyiv mengatakan desa ketiga, Makarivka, telah direbut.

Sementara itu, tiga warga sipil tewas dan 10 lainnya luka-luka setelah pasukan Rusia menembaki sebuah kapal yang membawa pengungsi banjir ke kota Kherson yang dikuasai Ukraina

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-474, yang dikutip dari Guardian.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-473: Serangan Balik Ukraina, Pasukan Maju 1.400 Meter di Bakhmut

Rusia tembaki kapal yang angkut pengungsi banjir di Kherson

Tiga warga sipil tewas dan 10 lainnya luka-luka setelah pasukan Rusia menembaki sebuah kapal yang membawa pengungsi banjir ke kota Kherson yang dikuasai Ukraina.

BERITA REKOMENDASI

Seorang pria berusia 74 tahun menggunakan tubuhnya untuk melindungi seorang wanita dari tembakan Rusia dan dipukul di punggung, lapor Reuters.

Dua dari 10 orang yang terluka adalah petugas penegak hukum.

Rusia tembak jatuh jet tempur Su-25 Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pasukannya telah menembak jatuh jet tempur Su-25 Ukraina di wilayah Kherson, di mana jebolnya bendungan Kakhovka telah menyebabkan banjir besar.

"Rusia juga menangkis tiga serangan Ukraina di wilayah Zaporizhzhia," kata kementerian itu.

Sementara kantor berita Tass melaporkan sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh rudal Ukraina di dekat kota pelabuhan Berdiansk yang dikuasai Rusia di Laut Azov.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-472: Drone Rusia Serang Odesa, 3 Tewas dan 27 Terluka

Prajurit Ukraina naik di atas kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) di wilayah Zaporizhzhya pada 11 Juni 2023.
Prajurit Ukraina naik di atas kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) di wilayah Zaporizhzhya pada 11 Juni 2023. (Anatolii Stepanov / AFP)

Rusia ledakkan bendungan Nova Kakhovka untuk cegah pasukan Ukraina lancarkan serangan di Kherson

Pasukan Rusia meledakkan bendungan Kakhovka untuk mencegah pasukan Ukraina melancarkan serangan dan maju di wilayah Kherson selatan, menurut wakil menteri pertahanan Kyiv.

Hanna Maliar mengatakan, tindakan itu juga dimaksudkan untuk membantu Rusia mengerahkan pasukan cadangan ke daerah Zaporizhzhia dan Bakhmut.

Pertukaran tahanan Rusia-Ukraina

Rusia dan Ukraina masing-masing telah menukar hampir 100 tahanan.

Tahanan Ukraina tersebut, termasuk anggota garda nasional dan penjaga perbatasan yang telah beraksi di beberapa tempat, termasuk di dekat kota Mariupol dan pembangkit listrik tenaga nuklir Chornobyl.

2 drone jatuh di wilayah Kaluga Rusia

Dua drone jatuh pada Minggu pagi di wilayah Kaluga Rusia – satu di dekat desa Strelkovka, satu lagi di hutan di distrik kota Medynsky, menurut gubernur wilayah tersebut, Vladislav Shapsha.

Tidak ada korban jiwa dan hanya kerusakan minimal, katanya di Telegram.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-471: Kerugian atas Jebolnya Bendungan Era Soviet Masih Dihitung

Warga AS ditangkap atas tuduhan narkoba di Rusia

Seorang warga negara AS yang ditangkap di Rusia atas tuduhan narkoba minggu ini adalah seorang veteran militer dan musisi yang telah tinggal di Moskow selama hampir satu dekade.

Travis Michael Leake dan seorang temannya, Valeria Grobanyuk, ditangkap dalam penggerebekan narkoba yang berpotensi memicu ketegangan lebih lanjut antara Washington dan Moskow.

"Saya tidak mengerti mengapa saya di sini," kata seorang pria yang terlihat di kamera dan diidentifikasi oleh media pemerintah Rusia sebagai Leake.

"Saya tidak mengakui kesalahan saya."

Ukraina bebaskan tiga desa di Donetsk

Angkatan bersenjata Ukraina mengklaim telah membebaskan tiga desa garis depan di Donetsk barat, hampir seminggu setelah peluncuran operasi serangan balasan.

Dalam rekaman video, tentara Ukraina terlihat mengibarkan bendera Ukraina di atas desa Blahodatne, selatan kota Velyka Novosilka, salah satu poros utama serangan balasan sejauh ini.

Pasukan dari brigade lain memfilmkan diri mereka sendiri dengan spanduk unit mereka di Neskuchne. Kemudian pada hari Minggu, Kyiv mengatakan desa ketiga, Makarivka, telah direbut.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas