Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korsel Incar Warga Rusia yang Terlibat dalam Program Senjata Korut

Pemerintah Korea Selatan menuduh Choi Chon Gon dituduh membantu kegiatan keuangan ilegal Korea Utara yang melanggar sanksi Dewan Keamanan PBB

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Korsel Incar Warga Rusia yang Terlibat dalam Program Senjata Korut
Korea Joongang Daily
Lee Joon-il, wakil utusan nuklir Korea Selatan, mengumumkan sanksi sepihak terbaru Seoul terhadap individu dan organisasi yang terkait dengan kegiatan keuangan ilegal yang mendanai rezim Korea Utara selama konferensi pers di Seoul, Rabu (28/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Pemerintah Korea Selatan menjatuhkan sanksi baru kepada dua orang dan dua entitas atas dugaan keterlibatan mereka dalam program senjata Korea Utara.

Mengutip Reuters, dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengungkapkan, sanksi itu menargetkan Choi Chon Gon, mantan warga negara Korea Selatan yang memperoleh kewarganegaraan Rusia, dua perusahaan yang dimiliki Choi dan seorang Korea Utara yang mendukung Choi.

Pemerintah Korea Selatan menuduh Choi dituduh membantu kegiatan keuangan ilegal Korea Utara yang melanggar sanksi Dewan Keamanan PBB setelah memperoleh kewarganegaraan Rusia.

"Ini menandai pertama kalinya pemerintah kami memberlakukan sanksi sepihak terhadap individu keturunan Korea," sebut Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Roket Jatuh ke Laut, Korut Janji Luncurkan Banyak Satelit Pengintai

Reuters tidak dapat segera menghubungi Choi untuk memberikan komentar. Korea Utara yang bersenjata nuklir telah menguji berbagai senjata termasuk rudal balistik antarbenua terbesarnya, meningkatkan ketegangan dengan Seoul dan sekutu utama Korea Selatan, Amerika Serikat.

Editor: Herlina Kartika Dewi

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas