Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertemuan Trilateral, Menlu Retno Sebut Indonesia Punya Kesamaan dengan India dan Australia

Pertemuan dilakukan di sela-sela penyelenggaraan ASEAN Ministerial Meeting ke-56 (56th AMM), Rabu (12/7/2023).

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pertemuan Trilateral, Menlu Retno Sebut Indonesia Punya Kesamaan dengan India dan Australia
Tribunnews.com/Larasati
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan trilateral dengan Menlu Australia Penny Wong dan juga Menlu India Subrahmanyam Jaishankar di Kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Pejambon, Jakarta, Rabu (12/7/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan trilateral dengan Menlu Australia Penny Wong dan juga Menlu India Subrahmanyam Jaishankar di Kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Pejambon, Jakarta.

Pertemuan dilakukan di sela-sela penyelenggaraan ASEAN Ministerial Meeting ke-56 (56th AMM), Rabu (12/7/2023).

Isu ASEAN hingga implementasi pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, AOIP) turut dibahas dalam pertemuan.

Retno mengatakan Indonesia, Australia, dan India memiliki banyak kesamaan, dimana ketiga negara merupakan negara demokratis.

"Kami adalah negara demokratis, dan kami menjadi kekuatan positif dalam menghormati hukum internasional dan menjaga perdamaian dan stabilitas," kata Retno saat konferensi pers.

Retno mengatakan Indonesia sebagai pemegang keketuaan ASEAN tahun ini menghargai dukungan kedua negara terhadap sentralitas ASEAN dan implementasi AOIP.

Baca juga: Ini Kata Retno Marsudi soal Pertemuan dengan Menlu Cina dan Rusia di Kantor Kemlu Jakarta

BERITA TERKAIT

Oleh sebab itu Indonesia menantikan partisipasi aktif Australia dan India dalam Forum Infrastruktur Indo-Pasifik ASEAN, yang akan diadakan di sela-sela KTT ASEAN pada bulan September.

"Australia adalah anggota PIF. Kami bertiga adalah anggota IORA. Saya sudah mendapat dukungan kuat dari rekan-rekan saya, ASEAN FMs, tentang kerja sama Sekretariat-ke-Sekretariat antara ASEAN-PIF dan ASEAN – IORA," kata Retno.

Retno mengatakan ini adalah kontribusi lain Indonesia untuk menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai dan sejahtera, serta melibatkan mitra secara inklusif.

Ia berharap ketiga negara dapat mengidentifikasi ide-ide konkret untuk meningkatkan kerja sama praktis kita di bidang-bidang seperti ekonomi, maritim, dan ketahanan pangan.

"Saya berharap dapat bertukar pandangan dengan Anda," ujarnya.

Sebagai informasi, Menlu Australia mengkonfirmasi kehadiran pada pertemuan tahunan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN-Australia, Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur, dan Forum Regional ASEAN.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas