Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Indonesia dan Turki Bertemu di Jakarta Bahas Afghanistan hingga Islamophobia

Pertemuan kedua Menlu untuk membahas hubungan bilateral, baik dari segi ekonomi, pendidikan, isu di kawasan maupun dunia, termasuk Islamophobia.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menlu Indonesia dan Turki Bertemu di Jakarta Bahas Afghanistan hingga Islamophobia
Dok Kemlu RI
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Turki Hakan Fidan, di Gedung Pancasila, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). Pertemuan kedua Menlu untuk membahas hubungan bilateral, baik dari segi ekonomi, pendidikan, isu di kawasan maupun dunia, termasuk Islamophobia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Turki Hakan Fidan, di Gedung Pancasila, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Menlu Fidan pertama kali melakukan kunjungan resmi ke Indonesia sejak menjabat pada Juni lalu.

Pertemuan kedua Menlu untuk membahas hubungan bilateral, baik dari segi ekonomi, pendidikan, isu di kawasan maupun dunia, termasuk Islamophobia.

Sebagai dua negara dengan populasi muslim yang besar, kedua negara berkomitmen bekerja sama dalam memajukan isu-isu kepentingan bersama.

"Saat ini, Indonesia dan Türkiye adalah dua negara berkembang terkemuka dengan pengaruh signifikan di kawasan kita masing-masing. Kami juga sesama anggota G20, OKI, dan MIKTA," kata Retno.

Baca juga: Menlu Turki Sambangi Kemhan, Menhan Prabowo Bicara Peluang Kerjasama Pertahanan ke Depan

Retno mengatakan, kedua negara berbagi posisi berprinsip yang sama.

Kedua negara menginginkan kebebasan untuk Palestina, perdamaian di Afghanistan dan menghormati hak-hak perempuan Afghanistan.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Menlu Fidan menyampaikan bahwa pertemuan tersebut juga digunakan untuk membahas tantangan global yang semakin pelik, termasuk membahas Islamofobia dan aksi pembakaran Quran.

Aksi tersebut mendapatkan kecaman luas dari berbagai negara dan organisasi internasional, termasuk Turki, Indonesia, Uni Eropa, dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

“Kami juga berdiskusi tentang berbagai isu mulai dari Rohingya dan reformasi Dewan Keamanan PBB,” ujar Fidan.

Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Turki Hakan Fidan, di Gedung Pancasila, Jakarta, Sabtu (15/7/2023).
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Turki Hakan Fidan, di Gedung Pancasila, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). (Dok Kemlu RI)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas