Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Taiwan Tsai Positif Covid-19 Saat Taipei Bersiap Hadapi Topan Doksuri

Kantor Kepresidenan Taiwan menyatakan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa (25/7/2023).

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Presiden Taiwan Tsai Positif Covid-19 Saat Taipei Bersiap Hadapi Topan Doksuri
AP/Chiang Ying-ying
Presiden Taiwan Tsai Positif Covid-19 Saat Taipei Bersiap Hadapi Topan Doksuri 

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI - Kantor Kepresidenan Taiwan menyatakan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (25/7/2023).

Kantor kepresidenan menambahkan rencana perjalanannya untuk Selasa sore yang akan dilakukan Tsai telah dibatalkan.

Menukil CNA, Tsai merasakan "sedikit ketidaknyamanan" dan dinyatakan positif setelah menjalani tes cepat, kata kantor itu dalam sebuah pernyataan.

"Presiden saat ini menunjukkan gejala ringan dan dirawat oleh tim medis," kata pernyataan tersebut dan menambahkan bahwa tim tersebut menyarankan dia untuk membatalkan jadwalnya untuk sisa hari itu.

Pernyataan itu mengatakan Tsai telah mendesak Perdana Menteri Chen Chien-jen untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan persiapan karena topan super Doksuri yang diperkirakan akan melewati Taiwan selatan, membawa angin kencang dan curah hujan.

Taiwan menangguhkan latihan militer tahunan saat topan super Doksuri berputar lebih dekat ke Asia Timur, berpotensi mencapai jauh ke China.

Topan Doksuri, yang berdiameter hampir 1.000 km, diperkirakan akan menyapu pulau-pulau berpenduduk sedikit di ujung utara Filipina pada pertengahan minggu.

BERITA TERKAIT

Sementara angin kencang dan hujan lebat menerpa Taiwan di utara.

Namun, pihak berwenang Filipina telah menaikkan tingkat peringatan badai di wilayah ibu kota dan lusinan provinsi utara, dan telah mulai mengevakuasi beberapa komunitas pesisir di jalur badai.

Baca juga: BMKG: Analisis Siklon Tropis Doksuri dan Dampaknya bagi Indonesia

Saat ini mengemas kecepatan angin tertinggi 223 kmh, Doksuri akan mendarat di daratan China di antara provinsi Fujian dan Guangdong pada Jumat (28 Juli), Pusat Meteorologi Nasional China mengatakan pada Selasa.

Sementara Doksuri diperkirakan akan kehilangan sebagian kekuatan dan daratan sebagai topan atau topan yang parah, topan itu masih akan menghantam kota-kota berpenduduk padat di Tiongkok dengan hujan lebat dan angin kencang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas