Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Algoritma Baru Temukan Asteroid Pertama yang Dekati Bumi dan Berpotensi Bahaya, Panjangnya 180 Meter

Asteroid besar seukuran gedung pencakar langit sedang mengorbut dekat Bumi, lapor temuan para Astronom seperti dikutip dari Live Science.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Algoritma Baru Temukan Asteroid Pertama yang Dekati Bumi dan Berpotensi Bahaya, Panjangnya 180 Meter
ATLAS/University of Hawaii Institute for Astronomy/NASA
Asteroid 2022 SF289 yang berpotensi berbahaya (ditandai dengan warna merah) muncul selama empat malam berturut-turut dalam survei teleskop, tetapi tidak terlihat selama hampir satu tahun. 

TRIBUNNEWS.COM - Asteroid besar seukuran gedung pencakar langit mengorbit dekat Bumi, lapor temuan para Astronom seperti dikutip dari Live Science.

Asteroid sepanjang 180 meter itu terdeteksi berkat Algoritme baru bernama HelioLinc3D yang dirancang untuk melacak batuan luar angkasa besar dan berbahaya (PHA).

Batuan luar angkasa itu memiliki nama resmi 2022 SF298.

2022 SF298 merupakan salah satu dari sekitar 2.300 objek yang digolongkan dapat menyebabkan kerusakan luas di Bumi, jika terjadi tabrakan langsung.

"Asteroid itu mendekati Bumi pada September 2022, ketika ia terbang dalam jarak sekitar 4,5 juta mil (7,2 juta kilometer) dari planet kita," menurut NASA.

Namun para astronom di seluruh dunia saat itu gagal mendeteksi asteroid dalam data teleskop karena batu besar itu dikaburkan oleh cahaya bintang Bima Sakti.

Baca juga: BRIN Bantah Asteroid Sebesar 2 Kali GBK akan Tabrak Bumi pada 22 Oktober 2022

Asteroid 2022 SF289
Asteroid 2022 SF289 yang berpotensi berbahaya (ditandai dengan warna merah) muncul selama empat malam berturut-turut dalam survei teleskop, tetapi tidak terlihat selama hampir satu tahun.

Sekarang, para peneliti akhirnya mengungkapkan keberadaan batu luar angkasa itu sambil menguji algoritme baru yang dibuat khusus untuk mendeteksi asteroid besar dari potongan data kecil.

BERITA TERKAIT

Asteroid Tersembunyi hingga Sulit Dideteksi

Deteksi PHA yang terlalu tersembunyi untuk dikenali oleh metode tradisional merupakan pembenaran besar untuk algoritme.

Untuk mendeteksi asteroid, para ilmuwan menguji algoritme pada data arsip dari survei Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) di Hawaii.

Mereka mengambil setidaknya empat gambar dari titik langit yang sama setiap malam.

Pencarian menggunakan algoritma menangkap sesuatu yang dilewatkan ATLAS: asteroid besar, terlihat dalam tiga gambar langit terpisah yang diambil pada 19 September 2022, dan tiga malam berikutnya, lapor Verve Times.

Baca juga: NASA Berhasil Ubah Lintasan Asteroid Dimorphos: Siap Hadapi Apapun yang akan Jatuh ke Bumi

ATLAS mengharuskan sebuah objek muncul dalam empat gambar terpisah yang diambil dalam satu malam sebelum objek tersebut dapat dianggap sebagai asteroid.

Karena 2022 SF289 tidak memenuhi kriteria itu, dunia tidak pernah tahu kedekatannya dengan planet kita.

"Dari HelioLinc3D ke kode yang dibantu AI, penemuan dekade berikutnya akan menjadi kisah kemajuan dalam algoritme sebanyak teleskop baru yang besar," kata Direktur Institute for Data Intensive Research di Astrofisika dan Kosmologi di University of Washington dan tim ilmwuan algoritma baru, Mario Jurić.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas