Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Harapan Kaisar Jepang: Perdamaian dan Kebahagiaan Semua Orang

Pada upacara peringatan, dengan tanda waktu tengah hari, semua orang mengheningkan cipta dan kemudian Yang Mulia Kaisar menyampaikan pidato.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Harapan Kaisar Jepang: Perdamaian dan Kebahagiaan Semua Orang
Nikkan Sports
Yang Mulia Kaisar Jepang Naruhito beserta Permaisuri Masako Selasa ini (15/8/2023) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Berakhirnya perang dunia hari ini 15 Agustus (78 tahun lalu) diperingati di Jepang besar-besaran dan Yang Mulia Kaisar Jepang Naruhito menghadiri Upacara Peringatan Nasional Korban Perang bersama dengan Permaisuri dan menyampaikan pesan harapan akan perdamaian dan kebahagiaan bagi rakyat.

"Saya sangat sedih memperbarui pikiran saya untuk banyak orang yang kehilangan nyawa dalam perang dan keluarga mereka yang berduka." kata Kaisar Jepang dalam sambutannya di Upacara Peringatan Nasional untuk Korban Perang yang diadakan di Nippon Budokan di Tokyo Selasa ini (15/8/2023).

Pada upacara peringatan, dengan tanda waktu tengah hari, semua orang mengheningkan cipta dan kemudian Yang Mulia Kaisar menyampaikan pidato.

Ia menambahkan, "Saya sangat berharap bahwa kita semua akan bersatu dan terus mengejar perdamaian dan kebahagiaan rakyat di masa depan."

Selain itu, dia berkata, "Sambil memikirkan tentang tahun-tahun damai yang panjang setelah perang, melihat kembali ke masa lalu, dan berdasarkan penyesalan yang mendalam, saya sungguh berharap kerusakan akibat perang tidak akan pernah terulang. Bersama dengan seluruh bangsa, kami ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada mereka yang jatuh, dan berdoa untuk perdamaian dunia dan perkembangan lebih lanjut negara kami."

Teks lengkap Yang Mulia Kaisar Jepang

BERITA REKOMENDASI

Hari ini, pada kesempatan "Hari Berkabung untuk Korban Perang dan Berdoa untuk Perdamaian", saya menghadiri Upacara Peringatan Nasional untuk Korban Perang.

Dalam 78 tahun sejak berakhirnya perang, upaya rakyat yang tak kenal lelah telah berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran Jepang saat ini.

Saya sangat berharap kita semua akan terus menyatukan hati kita dan terus mengejar kedamaian dan kebahagiaan bagi orang-orang di masa depan.

Bercermin pada masa damai yang panjang sejak berakhirnya perang, melihat kembali masa lalu, dan dilandasi penyesalan yang mendalam, saya sangat berharap kerusakan akibat perang tidak akan terulang kembali. Bersama seluruh bangsa, saya ingin menyampaikan belasungkawa tulus saya dan berdoa untuk perdamaian dunia dan perkembangan lebih lanjut dari Jepang.

Kaisar Jepang dan Permaisuri Masako serta Putri Aiko mengadakan upacara hening di Istana Kekaisaran.

Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, Kaisar dan Permaisuri menyaksikan upacara peringatan korban perang di TV di kediaman mereka, Istana Kekaisaran Sento, yang terletak di Akasaka, Minato Ward, Tokyo.

Kemudian, dengan tanda waktu tengah hari, mengheningkan cipta dilanjutkan bersama.

Putri Aiko, putri tertua dari Yang Mulia Kaisar dan Permaisuri, juga mengheningkan cipta di kediamannya.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas