Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
BBC

Taliban di Afghanistan: Menyelami isi pikiran pemimpin tertinggi Taliban setelah dua tahun berkuasa

Pemimpin tertinggi Taliban adalah seorang pria misterius yang memilih menyembunyikan diri dari pandangan publik. Dalam upaya untuk…

zoom-in Taliban di Afghanistan: Menyelami isi pikiran pemimpin tertinggi Taliban setelah dua tahun berkuasa
BBC Indonesia
Taliban di Afghanistan: Menyelami isi pikiran pemimpin tertinggi Taliban setelah dua tahun berkuasa 

Sudah dua tahun Taliban berkuasa di Afghanistan, sejak mengambil alih negara itu dari pemerintahan sah pada 15 Agustus 2021 lalu.

Mulai dari saat itu, pemerintah Taliban terus memberlakukan rangkaian peraturan ketat. Bahkan, jumlahnya semakin bertambah dan semuanya sesuai dengan tafsir garis keras mereka terhadap hukum syariah.

Panglima tertinggi Taliban, Hebatullah Akhundzada, adalah satu-satunya orang yang berperan sebagai pengambil keputusan dalam pembuatan regulasi-regulasi yang mengatur kehidupan sekitar 40 juta warga di negara itu.

Dia adalah pria misterius, tidak hanya bagi dunia, tetapi juga orang Afghanistan. Usianya diyakini sekitar 70-an tahun.

Ketika Anda mencari fotonya di internet, Anda hanya akan menemukan dua gambar. Yang paling terkenal, foto berukuran paspor dari tahun 1990-an.

Sejak penarikan pasukan internasional secara keseluruhan dua tahun lalu, dia hampir tidak pernah muncul di depan umum. Dia tidak pernah diwawancarai oleh wartawan.

Dia juga tidak pernah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, misalnya tentang keputusannya melarang anak-anak perempuan bersekolah dan wanita bekerja di ruang publik.

BERITA TERKAIT

Untuk lebih memahami panglima tertinggi ini, yang telah memilih untuk menyembunyikan dirinya dari pandangan publik, kami menganalisis semua pidatonya yang dapat kami temukan.

Ada 65 dekrit yang dirilis, semuanya sejak dia diangkat sebagai pemimpin Taliban pada 2016. Ditambah lima pesan Idul Fitri sejak 2018, tiga di antaranya muncul setelah Taliban mengambil alih Afghanistan untuk kedua kalinya pada Agustus 2021.

Kami juga menyelisik semua pidatonya yang telah ditranskrip dan diterbitkan oleh pemerintah Taliban sejak dia mengambil alih sebagai panglima tertinggi mereka.

Semua transkrip dianalisis menggunakan perangkat Natural Language Processing, sejenis kecerdasan buatan, yang menghitung frekuensi penggunaan setiap kata.

Keislaman Hebatullah

Kata-kata yang paling sering digunakan pemimpin Taliban itu ketika berbicara di depan umum adalah kata 'Islam', dengan penyebutan sebanyak 170 kali.

Di word cloud— representasi visual dari sekelompok kata— kata Islam muncul sebagai kata dengan ukuran terbesar. Dia berulang kali berkhotbah bahwa Afghanistan harus diperintah menurut hukum Islam saja.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas