Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari ke-546 Perang Rusia vs Ukraina, Kyiv Diyakini Rebut Kembali Desa Robotyne

Diyakini Ukraina mencapai sebuah kemajuan signifikan dalam serangan balasannya setelah merebut kembali desa Robotyne yang terletak di sisi tenggara.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Hari ke-546 Perang Rusia vs Ukraina, Kyiv Diyakini Rebut Kembali Desa Robotyne
AP/Libkos
Layanan darurat bekerja di lokasi setelah rudal menghantam sebuah gedung apartemen di Kryvyi Rih, Ukraina, Senin, 31 Juli 2023. - Diyakini Ukraina mencapai sebuah kemajuan signifikan dalam serangan balasannya setelah merebut kembali desa Robotyne yang terletak di sisi tenggara. (AP Photo/Libkos) 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengatakan pasukannya telah memasuki desa Robotyne.

Hal ini diyakini sebagai sebuah kemajuan yang berpotensi signifikan dalam serangan balasannya terhadap Rusia.

Desa itu terletak di sisi tenggara Ukraina.

Pada Selasa (22/8/2023), Rusia mengatakan bahwa mereka menghancurkan dua kapal militer Ukraina di Laut Hitam.

Dalam perkembangan lain, tiga orang tewas dan dua lainnya luka-luka akibat penembakan Rusia di beberapa desa di wilayah Donetsk, Ukraina.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-546 berikut yang dikutip dari The Guardian:

Pesawat jet tempur Sukhoi Su-30 milik Rusia. Pada Selasa (22/8/2023) Militer Rusia mengatakan pihaknya telah menghancurkan kapal pengintai militer Ukraina di dekat infrastruktur gas Rusia di Laut Hitam.
Pesawat jet tempur Sukhoi Su-30 milik Rusia. Pada Selasa (22/8/2023) Militer Rusia mengatakan pihaknya telah menghancurkan kapal pengintai militer Ukraina di dekat infrastruktur gas Rusia di Laut Hitam. (Anna Zvereva/The Moscow Times (CC BY-SA 2.0))

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-531: Rusia Tembaki Kherson, Tewaskan Bayi Perempuan Usia 23 Hari

- Kyiv Diyakini Rebut Kembali Desa Robotyne

BERITA REKOMENDASI

Ukraina mengatakan pasukannya telah memasuki desa Robotyne .

Pencapaian ini dianggap sebagai sebuah kemajuan yang berpotensi signifikan dalam serangan balasannya terhadap Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan tentara Ukraina mengorganisir evakuasi warga sipil, namun masih mendapat kecaman dari pasukan Rusia .

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-545: Yunani akan Latih Pilot Ukraina Operasikan F-16

- Jenderal Sergei Surovikin Diberhentikan

Pada Selasa (22/8/2023), seorang jurnalis terkemuka Rusia mengatakan bahwa Jenderal Sergei Surovikin, mantan komandan upaya perang Moskow di Ukraina telah diberhentikan sebagai Kepala Pasukan Ruang Angkasa Rusia.

Tidak ada konfirmasi resmi atas laporan Alexei Venediktov, yang merupakan mantan kepala stasiun radio Ekho Moskvy.

Menurut Reuters, laporan tersebut juga dikutip oleh beberapa outlet berita Rusia lainnya dan dibagikan ke media sosial.

- Penembakan Rusia di Donetsk

Tiga orang tewas dan dua lainnya luka-luka akibat penembakan Rusia di beberapa desa di wilayah Donetsk, Ukraina, kata kantor kejaksaan agung.

Menurut jaksa, ketiga orang tersebut, dua perempuan dan satu laki-laki, tewas di desa Torske pada Selasa (22/8/2023) malam.

Jaksa tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai serangan tersebut.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-543: Rudal Rusia Serang Alun-alun Chernihiv, 7 Orang Tewas

Orang-orang berjalan melewati derek yang menghancurkan kendaraan militer lapis baja Rusia saat kendaraan tersebut dipajang menjelang Hari Kemerdekaan Ukraina, di pusat kota Kyiv, pada 21 Agustus 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.
Orang-orang berjalan melewati derek yang menghancurkan kendaraan militer lapis baja Rusia saat kendaraan tersebut dipajang menjelang Hari Kemerdekaan Ukraina, di pusat kota Kyiv, pada 21 Agustus 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (ROMA PILIPEY / AFP)

- Rusia Hancurkan 2 Kapal Militer Ukraina

Rusia mengatakan bahwa mereka menghancurkan dua kapal militer Ukraina di Laut Hitam pada Selasa (22/8/2023).

Kementerian Pertahanan Moskow mengatakan salah satu jet Sukhoi Su-30sm menghancurkan "kapal pengintai" Ukraina di dekat fasilitas produksi gas Rusia.

Kemudian jet Sukhoi Su-30sm juga menghancurkan speedboat buatan AS yang membawa pasukan Ukraina di timur Pulau Ular.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-541: AS Setujui Pengiriman Jet Tempur F-16 ke Kyiv

- Sumbangan Jet Tempur F-16

Mykhailo Podolyak yang merupakan Penasihat senior Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan komitmen yang dibuat oleh beberapa negara Eropa untuk menyumbangkan jet tempur F-16 ke Ukraina akan membantu meminimalkan kerugian Ukraina dan mengurangi konflik .

- Denmark Mulai Melatih Pilot Ukraina Terbangkan Jet Tempur F-16

Sementara itu, Denmark telah mulai melatih delapan pilot Ukraina dalam menerbangkan jet tempur F-16 sebagai bagian dari komitmennya untuk menyumbangkan pesawat, kata Angkatan Bersenjata Denmark pada hari Selasa.

- Pemimpin Balkan dan Eropa Timur Deklarasikan Dukungan untuk Ukraina

Para pemimpin 11 negara Balkan dan Eropa timur menandatangani deklarasi bersama yang mendukung integritas teritorial Ukraina pada pertemuan puncak di Athena, Senin (21/8/2023).

Di hadapan Volodymyr Zelensky, mereka menyatakan “dukungan teguh mereka terhadap kemerdekaan, kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dalam batas-batas yang diakui secara internasional” dalam menghadapi agresi Rusia.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-540: Rusia Tembak Jatuh Drone Ukraina di Dekat Moskow

Presiden Rusia Vladimir Putin bersulang saat mengikuti KTT BRICS XIV dalam format virtual melalui panggilan video, di Moskow pada 23 Juni 2022.
Presiden Rusia Vladimir Putin bersulang saat mengikuti KTT BRICS XIV dalam format virtual melalui panggilan video, di Moskow pada 23 Juni 2022. (Mikhail Metzel / SPUTNIK / AFP)

- Rusia Alihkan Senjata Nuklir Jarak Pendek ke Belarusia

Presiden Polandia mengatakan Rusia sedang dalam proses mengalihkan beberapa senjata nuklir jarak pendek ke negara tetangga Belarusia.

Andrzej Duda mengatakan langkah itu akan mengubah arsitektur keamanan kawasan dan seluruh aliansi militer NATO, lapor Associated Press.

- Drone Hancurkan Pembom Supersonik Rusia

Sebuah pesawat tak berawak (drone) tampaknya telah menghancurkan sebuah pembom supersonik Rusia di sebuah lapangan terbang ratusan kilometer dari Ukraina, kata intelijen militer Inggris .

Serangan-serangan ini, jauh di luar garis depan, merupakan propaganda yang kuat bagi Ukraina, meskipun Kyiv jarang mengklaim serangan tersebut secara langsung.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas