Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Belarusia Sudah Dua Kali Peringatkan Bos Wagner Prigozhin agar Berhati-hati

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko telah memperingatkan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin dua kali untuk mewaspadai ancaman terhadap nyawanya.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Presiden Belarusia Sudah Dua Kali Peringatkan Bos Wagner Prigozhin agar Berhati-hati
ALEXANDR DEMYANCHUK / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko (kiri) mengunjungi Katedral Angkatan Laut Saint Nicholas di Kronstadt, di Pulau Kotlin, di luar Saint Petersburg, pada 23 Juli 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan dia telah memperingatkan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin dua kali untuk mewaspadai ancaman terhadap nyawanya, lapor The Guardian.

Pada Jumat (25/8/2023), Lukashenko mengatakan bahwa Prigozhin telah dua kali mengabaikan peringatan tentang kemungkinan ancaman tersebut.

"Pertama kali adalah ketika saya menelepon dia dan negosiasi (sedang berlangsung) saat mereka sedang melakukan demonstrasi (pemberontakan) di Moskow,” kata Lukashenko kepada wartawan dalam komentar yang dimuat oleh kantor berita negara Belarusia Belta pada hari Jumat (25/8/2023).




“Saya mengatakan kepadanya: 'Yevgeny, apakah Anda mengerti bahwa Anda akan menghukum rakyat Anda dan binasa sendiri?' ," imbuhnya.

Lukashenko pun memperingatkan bahwa dia akan “mati” jika terus bergerak menuju Moskow.

Menurut Lukashenko, mendengar peringatan tersebut Prigozhin menjawab: “Persetan – saya akan mati.”

Baca juga: Jasad Ditemukan di Lokasi Kecelakaan Pesawat Bos Wagner, Tes Genetika Molekuler sedang Dilakukan

Lukashenko mengatakan peringatan yang kedua kalinya ketika Prigozhin dan Dmitriy Utkin, seorang letnan lama Prigozhin, datang menemuinya.

BERITA TERKAIT

Tetapi, Lukashenko tidak menyebutkan kapan pertemuan itu berlangsung.

Ia juga menyarankan agar Prigozhin berbicara kepada Putin dan meminta jaminan keamanan penuh di Belarus, Belta melaporkan.

“Saya berkata: 'Jika Anda takut akan sesuatu, saya akan berbicara dengan Presiden (Vladimir) Putin dan kami akan memindahkan Anda ke Belarus. Kami menjamin keamanan penuh bagi Anda di Belarus'," imbuh Lukashenko.

Menurut Belta, Lukashenko mengatakan Prigozhin tidak pernah meminta jaminan keamanan darinya menyusul upaya pemberontakan dua bulan lalu.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-545, Presiden Belarusia: Bos Wagner Abaikan Ancaman terhadapnya

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko (kiri) mengunjungi Katedral Angkatan Laut Saint Nicholas di Kronstadt, di Pulau Kotlin, di luar Saint Petersburg, pada 23 Juli 2023.
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko (kiri) mengunjungi Katedral Angkatan Laut Saint Nicholas di Kronstadt, di Pulau Kotlin, di luar Saint Petersburg, pada 23 Juli 2023. (ALEXANDR DEMYANCHUK / SPUTNIK / AFP)

Tes Genetika Molekuler

Rusia mengatakan 10 jenazah dan perekam penerbangan telah ditemukan dari lokasi kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan pimpinan Wagner Yevgeny Prigozhin.

“Tes genetika molekuler kini sedang dilakukan,” kata para peneliti, dikutip dari Al Jazeera.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas