Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Israel-Hamas Kian Memanas, Inggris Kirim Kapal Perang ke Laut Mediterania Timur

Inggris mengerahkan dua kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan pesawat pengintai ke Laut Mediterania Timur, Jumat (13/11/2023).

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Perang Israel-Hamas Kian Memanas, Inggris Kirim Kapal Perang ke Laut Mediterania Timur
Daniel LEAL / AFP
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berangkat dari 10 Downing Street di pusat kota London pada 13 September 2023 untuk mengambil bagian dalam sesi mingguan Pertanyaan Perdana Menteri (PMQ) di House of Commons. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Agave Boniarce Veva Situmorang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inggris mengerahkan dua kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan pesawat pengintai ke Laut Mediterania Timur, Jumat (13/11/2023).

Hal ini dilakukan untuk mendukung Israel dan membantu mencegah peningkatan pertempuran mendadak di Timur Tengah terutama di kawasan Gaza dan sekitarnya.




Unit militer dan pesawat tempur Inggris yang berbasis di RAF Akrotiri di Siprus juga disiagakan ketika Israel bersiap untuk menghadapi serangan darat yang diperkirakan akan terjadi di Gaza setelah serangan mendadak oleh Hamas pada Sabtu lalu.

Perdana Menteri (PM) Inggris, Rishi Sunak menjelaskan paket bantuan militer yang dikirim mencakup pesawat pengintai Poseidon P8 dan aset pengawasan lain, dua kapal tambahan, tiga helikopter Merlin dan satu kompi marinir kerajaan.

“Bersama sekutu kami, pengerahan militer kelas dunia kami akan mendukung upaya menjamin stabilitas regional dan mencegah eskalasi lebih lanjut,” kata PM Sunak dikutip dari The Telegraph.

Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps juga mengatakan bahwa bantuan militer itu akan menjadi bukti tekad Inggris yang tak terbantahkan untuk memastikan kampanye teroris Hamas gagal.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan update dari Al Jazeera pada Jumat pagi, di daerah utara Gaza, kamp pengungsian Jabalia telah menjadi sasaran dengan cara yang sangat agresif dan telah tercatat puluhan orang terluka.

Selain itu, serangan lain juga terjadi di Gaza tengah, yang menyebabkan bangunan-bangunan hancur dan menjadi rata dengan tanah.

Baca juga: Ultimatum Gila Israel ke Warga Gaza, Eksodus Satu Juta Orang dalam 24 Jam Sama Saja Menyiksa Manusia

“Udara dipenuhi suara pesawat Israel yang melayang di langit Gaza, mencari sasaran selanjutnya. Malam hari bagi warga Gaza benar-benar mengerikan,” tegas laporan media tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas