Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Agama: Presiden Perintahkan Cari Alternatif Bantuan Lain untuk Palestina

Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mencari alternatif bantuan lain untuk mendukung Palestina.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menteri Agama: Presiden Perintahkan Cari Alternatif Bantuan Lain untuk Palestina
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara pengiriman bantuan ke Palestina bertempat di Baseoff Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023). Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mencari alternatif bantuan lain untuk mendukung Palestina. Panglima TNI mengerahkan dua pesawat C-130 Hercules untuk mengirim bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina sebagai bentuk kepedulian pemerintah Indonesia kepada rakyat Palestina di Gaza. Penggalangan dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk korban perang Hamas-Israel mulai digulirkan, tak terkecuali Bangsa Indonesia. //PUSPEN TNI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mencari alternatif bantuan lain untuk mendukung Palestina.

Dirinya menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia berada pada pihak Palestina.

"Presiden menyampaikan bahwa supaya terus menyuarakan keprihatinan terhadap situasi di Israel dan Palestina. Pemerintah jelas berada di pihak Palestina," ujar Yaqut melalui keterangan tertulis, Selasa (7/11/2023).

Menurut Yaqut, terdapat alternatif lain selain bantuan yang telah disalurkan kepada warga Palestina.

Jokowi, kata Yaqut, meminta adanya penggalangan dana solidaritas umat.

"Ya bukan hanya menyuarakan, tapi ada hal konkret yang bisa dilakukan selain bantuan yang telah disalurkan kepada warga Palestina. Nanti akan ada lagi tahap berikutnya. Nah kami sebagai Kementerian Agama, kami juga diminta mencari alternatif lain, misalnya apa dalam bentuk penggalangan solidaritas umat," tutur Yaqut.

Sebelumnya, Indonesia telah mengirimkan bantuan tahap pertama ke Palestina.

BERITA REKOMENDASI

Yaqut menyampaikan, sebagai tindak lanjut perintah Presiden tersebut, ia juga akan membahas upaya bersama dengan menteri agama dari negara lainnya.

“Saya tanggal 15 November nanti akan bertemu dengan beberapa menteri agama di Singapura untuk membahas soal ini (Palestina). Ada Menteri Agama dari Brunei, Malaysia, dan Singapura,” pungkasnya.
 

Anggota TNI mempersiapkan barang bantuan yang akan dikirimkan untuk Palestina di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). Pemerintah, lembaga kemanusiaan dan kalangan masyarakat mengirimkan bantuan tahap pertama untuk tragedi kemanusiaan di Palestina yang akan diterbangkan dengan tiga pesawat berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza, Palestina. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota TNI mempersiapkan barang bantuan yang akan dikirimkan untuk Palestina di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). Pemerintah, lembaga kemanusiaan dan kalangan masyarakat mengirimkan bantuan tahap pertama untuk tragedi kemanusiaan di Palestina yang akan diterbangkan dengan tiga pesawat berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza, Palestina. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas