Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Rusia Iseng 'Ngeprank' Pejabat UE, Curhatannya Soal Ukraina Mencengangkan

Ada-ada yang dilakukan oleh orang Rusia ini. Dua warganya Vladimir Putin ini iseng-iseng menyamar dan mewawancarai pejabat Uni Eropa.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Warga Rusia Iseng 'Ngeprank' Pejabat UE, Curhatannya Soal Ukraina Mencengangkan
@Rutube
Eks Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karins kena prank dua warga Rusia yang menyamar sebagai pejabat di Afrika 

TRIBUNNEWS.COM -- Ada-ada yang dilakukan oleh orang Rusia ini. Dua warganya Vladimir Putin ini iseng-iseng menyamar dan mewawancarai pejabat Uni Eropa.

Hasil obrolannya pun cukup mencengangkan.

Dua orang yang disebut sebagai Vovan dan Lexus ini sempat ngobrol dengan Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karins.

Baca juga: Prancis Hentikan Pasokan Senjata Gratis ke Ukraina, Zelenskyy Diminta Beli Langsung ke Pabriknya

Karins selesai menjabat sebagai PM Latvia pada September lalu mengaku para pejabat senior Barat “memiliki pandangan dan pendapat yang sama” mengenai Ukraina selama KTT NATO di Lituania pada bulan Juli.

Setiap orang bertekad untuk menanggung dampak konflik tersebut, katanya, berbicara melalui panggilan video yang dipublikasikan pada hari Selasa.

“Ini akan merugikan kita semua, karena kita semua membantu Ukraina, dan pada akhirnya berarti mengeluarkan uang untuk membantu Ukraina,” katanya dikutip dari Russia Today.

“Kami tidak senang dengan hal ini tetapi kami tidak melihat ada pilihan lain,” tambah Karins.

BERITA REKOMENDASI

Menteri tersebut adalah target terbaru yang dikonfirmasi oleh orang iseng Rusia, Vovan dan Lexus, yang menyamar sebagai pejabat senior Afrika.

Video serupa yang menampilkan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dirilis dalam dua minggu terakhir.

Baca juga: Zelensky Undang Trump ke Kyiv, Buktikan Perang Rusia-Ukraina Mustahil Selesai 24 Jam

Kementerian Luar Negeri Latvia telah mengonfirmasi bahwa Karins telah dikerjai.

Karins mendesak lawan bicaranya yang berasal dari Afrika untuk tidak mempercayai Moskow, dan mengklaim bahwa konflik Ukraina adalah “perang kolonial.”

Latvia sendiri, katanya, adalah semacam ‘koloni’ yang membebaskan diri dari dominasi Rusia, yang memberikan perspektif yang tidak dimiliki oleh negara-negara bekas kolonial Eropa.

Menteri luar negeri tersebut menambahkan: “mungkin bukan hal yang paling cerdas” bagi mantan penjajah untuk berbicara atas nama Eropa, dan bahwa negara-negara seperti Eropa harus menjadi pembawa pesan dalam beberapa kasus – mungkin ketika berhadapan dengan negara-negara Afrika.

Meskipun diplomat tersebut menyoroti dugaan ancaman Rusia, ia tampaknya melemahkan narasi Kiev yang menyatakan bahwa jika Ukraina jatuh, Moskow akan menyerang negara-negara lain di Barat.

NATO jauh lebih unggul dibandingkan Rusia dalam hal sumber daya manusia dan kemampuan militer, katanya, sehingga konflik langsung “hanya akan berakhir buruk bagi Rusia.”

“Tidak ada ancaman militer,” katanya. “Ancamannya bersifat ekonomi: harga, energi, pangan, dll.”

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas