Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Serang Jenin di Tepi Barat, Tewaskan 3 Orang

Israel telah melakukan serangan drone di kamp pengungsi Jenin, sebelah utara Tepi Barat. Tewaskan 3 orang.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Israel Serang Jenin di Tepi Barat, Tewaskan 3 Orang
FADEL SENNA / AFP
Pemuda Palestina berlarian saat terjadi penggerebekan oleh tentara Israel di kamp pengungsi Jenin Tepi Barat yang diduduki pada malam hari pada 16 November 2023. Hanya dalam waktu lima minggu sejak perang antara Israel dan Hamas meletus pada 7 Oktober, setidaknya 190 warga Palestina telah terbunuh dalam serangan tersebut. Tepi Barat, menurut kementerian kesehatan Otoritas Palestina. 

TRIBUNNEWS.COM - Israel telah melakukan serangan drone di kamp pengungsi Jenin, sebelah utara Tepi Barat pada Kamis (16/11/2023) malam.

Serangan tersebut menewaskan 3 warga Palestina dan beberapa lainnya mengalami luka-luka, dikutip dari Al Arabiya.

Berbeda dengan Jalur Gaza yang berada di bawah kendali Hamas, Tepi Barat sebagian besar berada di bawah pendudukan Israel dengan otonomi terbatas dari Otoritas Palestina, yang para pemimpinnya adalah musuh Hamas.




BBC juga melaporkan hal yang sama melalui sebuah video yang memperlihatkan orang-orang berlarian saat ledakan terdengar, serta tank Israel juga berpatroli di jalanan tersebut.

Dikutip dari WAFA, para saksi di kamp tersebut melaporkan bahwa sebuah drone Israel mengebom perkumpulan warga sipil di lingkungan kamp pengungsi Hawashin.

Serangan Israel ke Jenin melibatkan pasukan militer unit khusus dan buldoser lapis baja.

israel serang jenin 2
Sebuah kendaraan lapis baja digambarkan selama penggerebekan oleh tentara Israel di kamp pengungsi Jenin Tepi Barat yang diduduki pada malam hari pada 16 November 2023. Hanya dalam waktu lima minggu sejak perang antara Israel dan Hamas meletus pada 7 Oktober, setidaknya 190 warga Palestina telah dievakuasi. terbunuh di Tepi Barat, menurut kementerian kesehatan Otoritas Palestina.

Baca juga: Hamas Siap Perang Jangka Panjang dengan Israel: Brigade Al-Qassam Akan Kalahkan Musuh

Pasukan Israel menyerbu beberapa lingkungan kota dan kamp pengungsi di sekitarnya, mengerahkan penembak jitu di atap beberapa bangunan.

BERITA TERKAIT

Selama penggerebekan tersebut, pasukan Israel menggerebek sebuah kediaman di lingkungan kota Jabariyat, menangkap beberapa warga sipil dan meledakkan beberapa kendaraan milik warga.

Buldoser Caterpillar D9 yang bergabung dengan pasukan Israel juga mulai merusak infrastruktur di kota dan pintu masuk kamp pengungsi Jenin, menyebabkan kerusakan jalan dan kendaraan yang diparkir.

Gangguan komunikasi dilaporkan ketika pasukan Israel memutus sinyal di kota Jenin dan kampnya, dan listrik padam di beberapa lingkungan di kota tersebut.

Militer Israel juga mengepung Rumah Sakit Ibnu Sina di Jenin, menginterogasi paramedis dan menciptakan situasi tegang di daerah tersebut.

Selain itu, pasukan pendudukan Israel mengepung Rumah Sakit Ibnu Sina di Jenin pagi ini, (17/11/2023) dengan menginterogasi staf medis dan menciptakan suasana tegang.

Para saksi mata melaporkan bahwa rumah sakit tersebut telah dikepung selama beberapa jam, dengan penggeledahan menyeluruh terhadap ambulans di sekitarnya oleh tentara Israel dan tuntutan evakuasi rumah sakit melalui pengeras suara.

Para saksi juga melaporkan bahwa pasukan Israel secara paksa mengevakuasi personel medis dari rumah sakit, memaksa mereka untuk mengangkat tangan sebelum melakukan penggeledahan di halaman rumah sakit.

Sementara itu, tentara pendudukan Israel dikerahkan di sekitar Rumah Sakit Pemerintah Jenin, meluncurkan rentetan tabung gas air mata beracun.

israel serang jenin 3
Seorang pria berlari ketika asap gas air mata mengepul selama serangan tentara Israel di kamp pengungsi Jenin Tepi Barat yang diduduki pada malam hari pada 16 November 2023. Hanya dalam waktu lima minggu sejak perang antara Israel dan Hamas meletus pada 7 Oktober, setidaknya 190 orang Warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat, menurut kementerian kesehatan Otoritas Palestina.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas