Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Roket Pasukan Al Qassam Gempur Israel, Puluhan Tank Dilaporkan Hancur

Pihak Israel hingga kini belum merilis pernyataan resmi terkait kekalahan militernya dalam di pangkalan Tasilm.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Roket Pasukan Al Qassam Gempur Israel, Puluhan Tank Dilaporkan Hancur
HO
Sebanyak 21 tank tempur militer Israel dilaporkan hancur usai pasukan Brigade Al-Qassam meluncurkan roket dan bom – bom rakitan ke pangkalan militer Israel di Tasilm. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, GAZA – Sebanyak 21 tank tempur militer Israel dilaporkan hancur usai pasukan Brigade Al-Qassam, sayap militer kelompok Palestina Hamas meluncurkan serangan menggunakan roket dan bom – bom rakitan ke pangkalan militer Israel di Tasilm.

Menurut keterangan resmi yang dirilis di Telegram Brigade Al-Qassam dijelaskan bahwa serangan dilakukan sebagai balasan agresi lantaran pasukan Israel memperluas operasi daratnya ke Al-Zaytoun di timur Kota Gaza, Jabalia di utara Jalur Gaza, serta kawasan wilayah Barat Beit Lahi, Gaza.

Tak hanya itu PM Israel Benjamin Netanyahu bahkan turut memerintahkan pasukan militernya untuk meningkatkan intensitas serangan dengan mengirimkan buldoser hingga belasan tank ke sejumlah rumah sakit di wilayah Gaza.

Baca juga: Korban Tewas di RS Indonesia Bertambah Jadi 12 Orang, Buntut Serangan Israel

Alasan ini yang mendorong Brigade Al-Qassam untuk melakukan serangan balasan hingga puluhan tank Israel hancur dan enam tentara zionis yang berada di lingkungan Juhor ad-Dik di tenggara Kota Gaza dilaporkan tewas.

"Anggota al-Qassam melenyapkan enam tentara Zionis dari jarak nol, di wilayah Juhor ad-Dik, setelah menyerang mereka dengan rudal anti-personel, dan mendekati mereka dengan senapan mesin," bunyi pernyataan Brigade al-Qassam, dikutip dari Anadolu Ajansı.

Pihak Israel hingga kini belum merilis pernyataan resmi terkait kekalahan militernya dalam di pangkalan Tasilm.

BERITA REKOMENDASI

Namun, menurut pernyataaan pasukan Hamas Palestina, sejak PM Netanyahu menyatakan perang pada 7 Oktober 2023, setidaknya 270 tank Israel telah berhasil dihancurkan Hamas.

Ekonomi Israel Boncos

Sementara itu, imbas memanasnya perang antara pasukan Israel dengan militan Hamas di jalur Gaza, kini pengeluaran pemerintah Israel dilaporkan mengalami pembengkakan tembus mencapai 200 miliar shekels, sekitar 51 miliar dolar AS atau Rp 795 triliun (satuan kurs Rp15.525).

Surat kabar keuangan Calcalist mencatat pembengkakan anggaran dialami Israel setelah 12 bulan terakhir negara ini gencar melakukan serangan balik untuk membalas tembakan rudal yang dilontarkan kelompok Hamas.

Sayangnya akibat perang ini, anggaran biaya pertahanan Israel membengkak sekitar 252 juta per hari, sementara pendanaan rehabilitasi perang melonjak jadi 5 miliar dolar AS.

Perang yang tak kunjung mereda juga membuat sejumlah sektor di industri bisnis dan pariwisata ikut gulung tikar. Hingga pemerintahan Yerusalem diperkirakan merugi sebesar 4,2 miliar sampai dengan 5 miliar dolar AS selama tahun 2023.

Proyeksi tersebut diperkuat dengan pernyataan Bank Dunia yang juga mengaitkan penurunan ekonomi Israel dipengaruhi merosotnya ekspor Israel ke Palestina sebesar 24 persen serta gerakan boikot yang dilakukan masyarakat global terhadap perusahaan-perusahaan yang dianggap mendukung Israel.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas