Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Susul Andika, Tito dan Luhut, Prabowo Terima Lencana Militer Tertinggi dari Singapura, Apa Itu?

Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) atau Badge of the Distinguished Service Order, yang merupakan penghargaan

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Susul Andika, Tito dan Luhut, Prabowo Terima Lencana Militer Tertinggi dari Singapura, Apa Itu?
Humas Setjen Kemhan/Humas Setjen Kemhan
DARJAH UTAMA BAKTI CEMERLANG - Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto menerima penganugerahan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) yang disematkan langsung oleh Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam di Istana Kepresidenan Singapura pada hari Selasa (21/11/2023). Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) merupakan penghargaan militer tertinggi dari Pemerintah Singapura karena memiliki jasa yang luar biasa serta peran yang sangat penting dalam merawat serta mempererat hubungan baik bidang pertahanan Indonesia dan Singapura. (Biro Humas Setjen Kemhan/Puspen TNI/TRIBUNNEWS) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) atau Badge of the Distinguished Service Order, yang merupakan penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura, pada Selasa (21/11/2023).

Penghargaan ini disematkan langsung oleh Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam di Istana Kepresidenan Singapura.

Prabowo mendapatkan penghargaan tersebut karena sejak menjabat Menhan pada Oktober 2019 hingga sekarang, dipandang punya jasa luar biasa dan peran penting dalam menjaga dan mempererat hubungan baik bidang pertahanan antara Indonesia dan Singapura.

"Penghargaan ini merupakan sebuah penghormatan kepada orang di luar tentara Singapura karena jasanya dalam mempererat kerja sama pertahanan dengan Singapura," ujar protokol Istana Kepresidenan Singapura dalam rangkaian upacara, dikutip situs Kemhan.

Sebelum Prabowo, mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa juga menerima penghargaan serupa dari Presiden Singapura saat itu, Halimah Yacob.

Penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang itu diberikan Halimah Yacob kepada Andika di Istana Kepresidenan Singapura pada Rabu, 10 Mei 2023.

BERITA TERKAIT

Kemudian ada pula Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang juga menerima penghargaan yang sama pada Senin, 5 Juni 2023.

Lalu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga mantan Kapolri, Tito Karnavian mendapat penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang dari Presiden Singapura Halimah Yacob pada Rabu, 15 Januari 2020.

Apa itu penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang?

Penghargaan ini merupakan penghargaan militer tertinggi dari Singapura kepada tentara yang punya jasa luar biasa bagi negaranya.

Penghargaan ini juga bisa diberikan kepada orang di luar Singapura yang dianggap berjasa dalam kerja sama militer, bidang keamanan atau bilateral dengan Negeri Singa tersebut.

Lencana ini dikenakan sebagai liontin hiasan leher dari pita yang terdiri dari pita tengah berwarna merah yang pada setiap sisinya diapit garis putih kecil diikuti pita merah dan pita putih.

Lencana ini terdiri dari lingkaran berenamel perunggu yang punya tulisan pada bagian atas 'Darjah Utama Bakti Cemerlang' dengan huruf emas.

Baca juga: Sederet Pertimbangan Menhan Prabowo Diganjar Penghargaan Militer Tertinggi dari Pemerintah Singapura

Di sekelilingnya ada enamel hijau bergambar karangan bunga mengitar. Pada bagian tengah lingkaran, ada perisai merah dengan latar belakang enamel putih dengan bulan sabit dan 5 bintang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas