Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gaza 50 Hari Setelah Agresi Militer Israel, Rangkuman Peristiwa Perang Hamas vs IDF

Berikut ini adalah rangkaian peristiwa 50 hari sejauh ini dari perang antara milisi pembebasan Hamas dan tentara Israel IDF

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Gaza 50 Hari Setelah Agresi Militer Israel, Rangkuman Peristiwa Perang Hamas vs IDF
AFP/AHMAD GHARABLI
Tahanan Palestina (mengenakan jumper abu-abu) bersorak setelah dibebaskan dari fasilitas militer Ofer Israel di Baytunia dekat kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki dengan imbalan sandera yang dibebaskan oleh Hamas di Gaza, pada 24 November 2023. Setelah 48 hari baku tembak dan pemboman yang merenggut ribuan nyawa, sandera pertama yang dibebaskan berdasarkan kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas diserahkan pada tanggal 24 November, kata kedua belah pihak, hampir tujuh minggu setelah mereka ditangkap. (Photo by AHMAD GHARABLI / AFP) 

Gaza 50 Hari Setelah Agresi Militer Israel, Rangkuman Peristiwa Perang Hamas vs IDF

TRIBUNNEWS.COM -  Sabtu (25/11/2023), menandai hari ke-50 sejak Israel memulai pemboman tanpa pandang bulu di Jalur Gaza yang terkepung.

Gencatan senjata - jeda pengeboman demi kemanusiaan selama empat hari terjadi pada Jumat (24/11/2023) kemarin pukul 7 pagi waktu setempat kemarin.

Baca juga: Gencatan Senjata di Gaza, Al-Qassam Klaim Fakta Mencengangkan, Al-Quds: Tak Akan Ada Bendera Putih 

Berikut ini adalah rangkaian peristiwa sejauh ini dari perang antara milisi pembebasan Hamas dan tentara Israel IDF seperi dilansir Memo:

  • Lebih dari 14.500 warga Palestina telah terbunuh sejak 7 Oktober di Jalur Gaza yang terkepung, termasuk 6.000 anak-anak. Sebanyak 213 warga Palestina, termasuk 55 anak-anak, telah dibunuh oleh pasukan Israel; dan delapan orang lainnya, termasuk satu anak-anak, telah dibunuh oleh pemukim Israel di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur pada periode yang sama.
  • Lebih dari 30.000 warga Palestina terluka di Gaza, sementara pasukan pendudukan Israel telah melukai 2.877 warga Palestina di Tepi Barat yang mereka diduduki, termasuk setidaknya 364 anak-anak, lebih dari setengahnya disebabkan oleh demonstrasi. Sebanyak 78 warga Palestina lainnya terluka oleh pemukim ilegal Israel.
  • OCHA mencatat ada 281 serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina, yang mengakibatkan korban jiwa warga Palestina, kerusakan pada properti milik warga Palestina, atau keduanya menjadi korban jiwa dan kerusakan pada properti.
  • Secara total, lebih dari 1.200 warga Israel dan warga negara asing telah terbunuh di Israel, menurut pihak berwenang Israel. Sebuah laporan oleh Haaretz mengungkapkan bahwa helikopter dan tank tentara Israel sebenarnya telah membunuh banyak dari 1.200 tentara dan warga sipil, Namun, hal ini diklaim oleh tentara Israel telah dibunuh oleh Hamas.

Baca juga: Helikopter Apache Israel Tewaskan Tentaranya Sendiri dan Warga Sipil Saat Serangan Hamas?

  • 24 jam sebelum jeda, terjadi peningkatan serangan Israel dari udara, darat dan laut di berbagai wilayah di seluruh Gaza. Dalam salah satu insiden paling mematikan, sekitar pukul 20:00 tanggal 23 November, sebuah sekolah di Jabalia dilaporkan terkena serangan udara, menewaskan 27 orang dan melukai 93 lainnya.
  • Pada tanggal 24 November, 24 tawanan perang yang ditahan di Gaza dan 39 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel (banyak tanpa dakwaan atau pengadilan) dibebaskan. Para sandera yang dibebaskan termasuk 13 warga Israel – sembilan wanita dan empat anak-anak – dan 11 warga negara asing. Di antara tahanan Palestina tersebut terdapat 24 perempuan dan 15 laki-laki. Sebelum jeda, empat tawanan perang telah dibebaskan oleh Hamas, satu tentara Israel telah diselamatkan oleh pasukan Israel, dan tiga jenazah tawanan perang dilaporkan telah diambil oleh pasukan Israel.
  • Tentara Israel mengklaim, kini masih ada 211 tawanan perang Israel yang ditahan di Gaza.
  • Ada lebih dari 10.000 warga Palestina yang ditahan oleh Israel, banyak di antaranya tanpa tuduhan diadili, setelah diculik dari rumah mereka.
  • Jeda ini memungkinkan PBB untuk meningkatkan pengiriman bantuan ke dalam dan di seluruh Gaza. Pada tanggal 24 November, 200 truk diberangkatkan dari Nitzana ke penyeberangan Rafah, dan 137 truk barang diturunkan di titik penerimaan UNRWA di Gaza, menjadikannya jumlah bantuan terbesar sejak dimulainya kembali pengiriman kemanusiaan pada 21 Oktober. Selain itu, 129.000 liter bahan bakar dan, untuk pertama kalinya sejak 7 Oktober, empat truk yang membawa gas untuk memasak, menyeberang ke Gaza.
  • Secara keseluruhan, antara tanggal 21 Oktober dan 23 November pukul 18:00, setidaknya 1,860 truk berisi pasokan kemanusiaan (tidak termasuk bahan bakar) telah memasuki Gaza melalui perbatasan Mesir, dibandingkan dengan rata-rata bulanan yang berjumlah hampir 10,000 truk berisi komoditas komersial dan kemanusiaan (tidak termasuk bahan bakar), memasuki Gaza sebelum 7 Oktober.
  • Selama gencatan senjata, Israel menembaki warga Palestina ketika mereka mencoba kembali ke rumah mereka di Gaza utara, menewaskan sejumlah orang dan melukai lebih banyak lagi warga Palestina.
  • Pasukan Israel telah menangkap beberapa orang yang bergerak melalui “koridor” dari Gaza utara ke selatan.
  • Lebih dari 1,7 juta orang di Gaza, atau hampir 80 persen populasi, diperkirakan menjadi pengungsi internal. Dari jumlah tersebut, hampir 896.000 pengungsi berlindung di 99 fasilitas di wilayah Gaza selatan.
Pengambilan gambar yang diambil dari rekaman video AFPTV ini menunjukkan warga Palestina memeriksa kehancuran pasca serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza, pada 1 November 2023,
Pengambilan gambar yang diambil dari rekaman video AFPTV ini menunjukkan warga Palestina memeriksa kehancuran pasca serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza, pada 1 November 2023, (AFP)
  • Telah terjadi peningkatan yang signifikan pada beberapa penyakit dan kondisi menular seperti diare, infeksi pernafasan akut, infeksi kulit dan kondisi yang berhubungan dengan kebersihan seperti kutu sebagai akibat dari kurangnya air dan kepadatan yang berlebihan di tempat penampungan.
  • Sejak 11 Oktober, Jalur Gaza mengalami pemadaman listrik, setelah pemerintah Israel memutus pasokan listrik, dan cadangan bahan bakar untuk satu-satunya pembangkit listrik di Gaza habis.
  • Dari 24 rumah sakit yang beroperasi di utara sebelum perang, hanya empat rumah sakit kecil yang diperkirakan beroperasi dan menerima pasien baru. Dari 11 fasilitas kesehatan di wilayah selatan, delapan di antaranya masih berfungsi.
  • Limbah (manusia dan rumah tangga) yang mengalir di jalan-jalan dilaporkan terjadi di beberapa wilayah di Rafah, selama beberapa hari terakhir. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya pengoperasian satu instalasi pengolahan air limbah karena kekurangan bahan bakar dan kerusakan infrastruktur saluran pembuangan air kotor.
  • Di wilayah utara, kekhawatiran akan dehidrasi dan penyakit yang ditularkan melalui air akibat konsumsi air dari sumber yang tidak aman terus berlanjut. Belum ada distribusi air kemasan kepada para pengungsi yang ditampung di tempat penampungan selama sekitar dua minggu karena Israel terus memblokir akses ke wilayah tersebut.
  • Juga di wilayah utara, ternak menghadapi kelaparan dan risiko kematian akibat kekurangan pakan ternak dan air. Tanaman semakin terbengkalai dan rusak karena kurangnya bahan bakar yang dibutuhkan untuk memompa air irigasi.
  • Di seluruh Gaza, para petani telah menyembelih hewan mereka karena kebutuhan pangan yang mendesak dan kurangnya pakan ternak untuk menjaga mereka tetap hidup. Praktik ini menimbulkan ancaman tambahan terhadap ketahanan pangan karena menyebabkan menipisnya aset produktif.
  • Harga pangan di pasar mengalami lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Menurut Biro Pusat Statistik Palestina, selama bulan Oktober, harga makanan dan minuman meningkat sebesar 10 persen; dengan sayur-sayuran meningkat sebesar 32 persen, tepung terigu sebesar 65 persen, dan air mineral sebesar 100 persen.
  • Sejak 7 Oktober, setidaknya 143 rumah tangga Palestina yang terdiri dari 1.014 orang, termasuk 388 anak-anak, telah mengungsi di tengah kekerasan yang dilakukan pemukim dan pembatasan akses. Rumah tangga yang mengungsi berasal dari 15 komunitas penggembala/Badui.
  • Selain itu, 162 warga Palestina, termasuk 82 anak-anak, telah mengungsi sejak 7 Oktober menyusul pembongkaran di Area C dan Yerusalem Timur, karena kurangnya izin; dan 48 warga Palestina, termasuk 24 anak-anak, terpaksa mengungsi setelah adanya hukuman pembongkaran.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas