Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-714, AS-Moskow Cekcok di DK PBB soal Rudal Korut dan Kecelakaan Il-76

Di DK PBB, AS dan Rusia cekcok mengenai penembakan rudal Korea Utara yang dipasok secara ilegal hingga kecelakaan pesawat angkatan udara Rusia Il-76.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-714, AS-Moskow Cekcok di DK PBB soal Rudal Korut dan Kecelakaan Il-76
ANGELA WEISS / AFP
Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, berbicara saat rapat Dewan Keamanan PBB di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, 10 Januari 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina yang telah memasuki hari ke-714 pada Rabu (7/2/2024).

Di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Amerika Serikat (AS) dan Rusia cekcok soal penembakan rudal Korea Utara yang diduga dipasok secara ilegal, untuk digunakan dalam perangnya di Ukraina dan jatuhnya sebuah kendaraan militer Moskow.

"Sampai saat ini, Rusia telah meluncurkan rudal balistik yang dipasok DPRK terhadap Ukraina setidaknya sembilan kali,” kata Wakil Duta Besar AS, Robert Wood.

Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, mengatakan ada “bukti tak terbantahkan” bahwa rudal Patriot menembak jatuh pesawat angkatan udara Rusia Il-76 pada 24 Januari 2024.

Sedikitnya 74 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat angkut militer Rusia di Belgorod itu.

Moskow mengeklaim pesawat itu, mengangkut 65 tawanan perang Ukraina yang akan ditukar, dan pasukan Ukraina malah menembak jatuh pesawat itu.

Kremlin mengklaim pihaknya membawa tentara Ukraina ke pertukaran tahanan namun tidak menghasilkan bukti yang mendukung hal ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-714

  • Presiden AS, Joe Biden mengatakan kepada Partai Republik di Kongres untuk “menunjukkan kekuatan”, menentang Donald Trump dan berhenti bermain-main dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

    Dia mengakui bahwa rancangan undang-undang bipartisan yang dirundingkan, mencakup pendanaan keamanan untuk Ukraina terhenti.

    “Semua indikasinya adalah RUU ini tidak akan diajukan ke Senat,” kata Presiden AS.

    Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-713, Zelensky Ingin Perpanjang Darurat Militer Selama 90 Hari

    "Mengapa? Alasan sederhananya: Donald Trump. Karena Donald Trump menganggap hal itu buruk baginya secara politik," ucap Biden.
  • Beberapa bagian kota Avdiivka di Ukraina timur berada dalam kondisi “kritis” saat mereka melawan serangan dan serangan Rusia, menurut Kepala Administrasi militer Avdiivka, Vitaliy Barabash.

    “Ini tidak berarti semuanya hilang, semuanya sangat buruk. Namun musuh mengarahkan sejumlah besar pasukan ke kota kami,” katanya kepada TV Ukraina.
  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, telah mendekritkan pembentukan cabang terpisah dari angkatan bersenjata Ukraina yang dikhususkan untuk drone.

    Zelensky menekankan produksi drone di dalam negeri dan dengan negara-negara mitra sebagai hal yang penting secara strategis, dan berjanji Ukraina akan memproduksi satu juta drone pada tahun 2024.

    Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Valerii Zaluzhnyi, dalam komentarnya untuk CNN pekan lalu mengatakan bahwa drone “bersama dengan jenis senjata canggih lainnya” membantu Ukraina menghindari perang posisi yang memakan biaya besar.
  • Tentara garis depan riuh menghadapi rumor bahwa Zelensky akan segera memecat Zaluzhnyi, menurut kantor berita AFP.

    “Mengganti komandan saat terjadi pertempuran, apalagi saat perang begitu intens di wilayah kita, tidaklah tepat,” kata seorang petugas medis tentara berpanggilan “Beria”.
  • Sersan “Luntik” mengatakan bahwa rumor pergantian kepemimpinan militer Ukraina telah merusak moral dan memicu “segala macam teori konspirasi”.

    Namun tentara mengaku mereka tidak akan berhenti berperang bahkan jika Zaluzhnyi disingkirkan.

    "Tidak ada yang berubah. Saya akan terus menjalankan tugas saya seperti yang saya lakukan selama ini,” kata Vitaly.
  • Staf pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di pembangkit listrik Zaporizhzhia dikurangi hingga tingkat berbahaya oleh penjajah Rusia.

    Kepala Pengawas Nuklir PBB, Rafael Grossi, bersiap untuk mengunjunginya pada hari Rabu (7/2/2024).

    Grossi mengatakan pabrik tersebut “beroperasi dengan jumlah operator yang sangat, sangat sedikit”.

    Menteri Energi Ukraina, German Galushchenko, mengatakan Rusia telah memblokir beberapa ratus “operator yang terampil dan, yang paling penting, berlisensi.”
  • Rusia meminta pertemuan dewan keamanan setelah mengatakan Ukraina menewaskan sedikitnya 28 orang ketika serangan menghantam sebuah toko roti di Lysychansk yang dikuasai Rusia, Ukraina timur.

    Diplomat senior Ukraina di PBB, Serhii Dvornyk, menuduh Rusia menyalahgunakan dewan keamanan “untuk menyebarkan informasi palsu”.

    Rusia telah mengakui salah satu pejabat senior pendudukannya tewas dalam pemogokan toko roti tersebut, sementara outlet berita Ukraina melaporkan bahwa toko roti tersebut adalah pemasok ke pihak Rusia dan tempat pertemuan para pejabat Rusia.
  • Seorang mantan komandan kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, Andrei Medvedev yang bertempur di Ukraina dan melarikan diri ke Norwegia pada tahun 2023 telah ditolak suakanya, tetapi tidak akan dideportasi karena terlalu berbahaya untuk mengirimnya kembali, kata pengacaranya.

    Andrei Medvedev melarikan diri dari Rusia pada Januari 2023 melintasi perbatasan Arktik dengan Norwegia.
BERITA REKOMENDASI

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas