Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari ke-141 Perang Israel-Hamas, Singapura Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel-Hamas yang telah memasuki hari ke-141 pada Sabtu (24/2/2024).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Hari ke-141 Perang Israel-Hamas, Singapura Serukan Gencatan Senjata di Gaza
Maariv
BELAH GAZA JADI DUA - Israel dilaporkan sudah membangun pembatas dan tembok di lokasi yang berjuluk Persimpangan Gaza untuk membelah Gaza menjadi dua, Utara dan Selatan. Satu di antara tujuan langkah ini diklaim untuk memimalisir pergerakan Hamas dan sebaran senjata. - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel-Hamas yang telah memasuki hari ke-141 pada Sabtu (24/2/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel-Hamas yang telah memasuki hari ke-141 pada Sabtu (24/2/2024).

Dikutip dari CNA, Singapura menyerukan agar gencatan senjata kemanusiaan di Gaza segera tercapai.

Menteri Luar Negeri Kedua Singapura, Maliki Osman menyampaikan pernyataan terebut saat menghadiri pertemuan G20 di Brasil.




Ia menegaskan bahwa negara tetangga Indonesia itu mendukung gencatan senjata kemanusiaan di Gaza.

“Kami juga menyerukan pembebasan semua sandera sipil secara aman, segera dan tanpa syarat,” tambahnya, menegaskan kembali posisi Singapura mengenai masalah ini.

Maliki berada di Rio De Janeiro untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 yang digelar dari tanggal 21 hingga 22 Februari.

Hari Ke-141 Perang Israel-Hamas

Krisis kemanusiaan yang terjadi di lapangan

  • Seorang pejabat UNRWA mengatakan badan PBB untuk pengungsi Palestina kini tidak dapat lagi memberikan layanan di Gaza utara.

    Alasannya karena badan bantuan itu menderita kekurangan staf dan pembatasan akses bantuan pangan yang telah menyebabkan penduduk kelaparan.
  • Serangan Israel di Deir el-Balah Gaza yang ditempati para pengungsi menewaskan sedikitnya 24 orang pada hari Jumat (23/2/2024).

    Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

    Staf di Rumah Sakit Martir Al-Aqsa mengatakan mereka masih menerima orang-orang yang terluka. 

Baca juga: Hari ke-139 Perang Israel-Hamas, Cuma 4 Truk Bantuan Kemanusiaan Masuk Gaza padahal Butuh Ratusan

  • Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa 104 orang tewas dan 160 orang terluka dalam serangan Israel antara Kamis (22/2/2024) dan Jumat (23/2/2024) sore, menurut laporan situasi terbaru dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).
  • Pasukan Israel telah menyerbu desa-desa, kota-kota besar dan kecil di Tepi Barat yang diduduki.

    Mereka pun menggeledah rumah-rumah dan bentrok dengan penduduk setempat yang menolak serangan tersebut, kantor berita negara Palestina, Wafa, melaporkan.

Diplomasi

  • Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah merilis rencana pascaperang untuk Gaza.

    Hal ini termasuk mempertahankan kendali militer tanpa batas atas Jalur Gaza; menyerahkan pemerintahan sipil di daerah kantong tersebut kepada warga Palestina yang tidak memiliki hubungan dengan Hamas, dan menciptakan zona penyangga di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir yang akan dikontrol oleh Israel.
  • Otoritas Palestina mengkritik rencana tersebut , dengan mengatakan keamanan hanya dapat diperoleh melalui pembentukan negara Palestina.

Ketegangan regional

  • Militer Amerika mengatakan mereka telah menghancurkan tujuh rudal jelajah antikapal yang direncanakan kelompok pemberontak Houthi Yaman untuk diluncurkan ke sasaran di Laut Merah.
  • Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan kapal curah milik Inggris MV Rubymar, yang diserang oleh pasukan Houthi akhir pekan lalu di Laut Merah, perlahan-lahan kemasukan air, membocorkan minyak dan menimbulkan bahaya lingkungan di wilayah tersebut.
BERITA TERKAIT

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas