Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertempuran Israel Paling Berat Selama 5 Bulan, Pasukan IDF Mundur Total dari Hamad Khan Yunis

Mundur totalnya Pasukan IDF dari Hamad disebutkan setelah menerima pukulan telak dari milisi perjuangan Palestina, dalam beberapa hari terakhir.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pertempuran Israel Paling Berat Selama 5 Bulan, Pasukan IDF Mundur Total dari Hamad Khan Yunis
tangkap layar PT
BOPONG TEMAN - Seorang tentara Israel (IDF) mengevakuasi seorang temannya di pertempuran dengan cara membobong tubuhnya di belakang. IDF dilaporkan secara penuh menarik mundur pasukan dari Kota Hamad, Khan Yunis, Gaza Selatan, Sabtu (16/3/2024). 

Pertempuran Paling Sulit Israel Selama 5 Bulan, Pasukan IDF Mundur Total dari Hamad Khan Yunis

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Israel (IDF) dilaporkan memutuskan untuk mundur secara penuh dari pertempuran di Hamad, di Khan Yunis, selatan Jalur Gaza, Sabtu (16/3/2024).

Mundur totalnya IDF dari Kota Hamad disebutkan setelah menerima pukulan telak dari milisi perjuangan Palestina, dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Terowongan di Khan Yunis Tak Habis-Habis, Tiga Brigade IDF Terjebak Tak Berdaya di Perang Sengit

Stasiun televisi Al Mayadeen, Sabtu (16/3/2024) melaporkan, di tengah serangan gencar para milisi perjuangan Palestina, pasukan Israel, mundur dari utara kota Hamad, Khan Yunis, dengan perlindungan artileri.

Wartawan stasiun televisi Al Ghad, juga mengabarkan penarikan mundur total pasukan Israel, dari kota Hamad, meninggalkan  kerusakan hebat yang dialami kota tersebut.

Brigade Shuhada Al Aqsa, mengabarkan kalau pasukannya telah menembak sebuah kendaraan pengangkut personel Israel, dengan bom, dan RPG di kota Hamad.

Di tengah sensor ketat, Angkatan Bersenjata Israel, mengakui sedikitnya 590 tentara Israel, terbunuh selama operasi Badai Al Aqsa, namun menurut para pengamat jumlah sebenarnya lebih besar beberapa kali lipat dari ini.

BERITA REKOMENDASI

Sekarang pasukan Israel, masih terlibat pertempuran sengit melawan pejuang Palestina, di kota Al Zahra, dan Al Mughraqa, di tengah Jalur Gaza.

"Sehari sebelumnya sayap militer Hamas, Brigade Al Qassam, berhasil menembak sebuah kendaraan pengangkut personel Israel, di kota Hamad, lalu menyerang pasukan Israel, dengan RPG, dan menghancurkan tank Merkava, dengan Yassin 105," tulis laporan PT dan dilansir Khaberni.

Baca juga: Gaza Selatan Meledak Lagi, Tank IDF Hangus, Tentara Israel Panggil Bala Bantuan di Gerbang Al-Zaytun

Seorang tentara Israel (IDF) mengevakuasi seorang teman
BOPONG TEMAN - Seorang tentara Israel (IDF) mengevakuasi seorang temannya di pertempuran dengan cara membobong tubuhnya di belakang. IDF dilaporkan secara penuh menarik mundur pasukan dari Kota Hamad, Khan Yunis, Gaza Selatan, Sabtu (16/3/2024).

Pertempuran Paling Sulit dalam 5 Bulan Terakhir

Hamad diakui IDF menjadi lokasi pertempuran paling sulit yang mereka alami melawan milisi pembebasan Palestina dalam perang selama lima bulan terakhir.

Memo mengabarkan, pejabat militer di tentara pendudukan IDF, “Pertempuran di lingkungan Hamad adalah yang paling sulit yang pernah dilakukan tentara Israel sejak pecahnya perang lima bulan lalu.”

Surat kabar Israel, Israel Hayom mengutip komandan brigade yang bertempur di lingkungan Hamad di Gaza yang mengatakan: “Kami telah berperang selama lima bulan, namun ini adalah zona pertempuran terberat yang pernah kami alami sejauh ini. Teroris (sebutan idf bagi pejuang pembebasan Palestina) di sini ingin bunuh diri, mereka berjuang demi semua hal.”

Israel telah membunuh lebih dari 31.300 warga Palestina sejak memulai kampanye pemboman di Gaza pada awal Oktober, melukai lebih dari 73.200 lainnya.

Lebih dari 85 persen penduduk Jalur Gaza terpaksa mengungsi dan tinggal di tempat penampungan atau kamp sementara tanpa akses yang memadai terhadap air bersih atau makanan akibat blokade Israel.

(oln/PT/memo/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas