Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-757, Kharkiv Diserang, Zelensky Serukan Sistem Pertahanan Udara Baru

Misil Rusia menghantam kawasan industri di kota Kharkiv, Ukraina utara pada Rabu (20/3/2024), lima orang tewas, delapan orang terluka.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari ke-757, Kharkiv Diserang, Zelensky Serukan Sistem Pertahanan Udara Baru
Tangkap Layar Twitter/X
Misil Rusia menghantam kawasan industri di kota Kharkiv, Ukraina utara pada Rabu (20/3/2024), lima orang tewas, delapan orang terluka. Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-757 pada Kamis (21/3/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-757 pada Kamis (21/3/2024).

Misil Rusia menghantam kawasan industri di kota Kharkiv, Ukraina utara pada Rabu (20/3/2024).

Sedikitnya lima orang tewas, delapan orang terluka, dan lainnya hilang akibat serangan itu.

Pihak berwenang setempat mengatakan serangan rudal juga memicu kebakaran besar di sebuah perusahaan percetakan.

Dikutip dari The Guardian, Wali Kota Kharkiv, Iho Terekhov mengatakan sekitar pukul 23.00 waktu setempat, Kharkiv mendapat serangan baru.

Menanggapi situasi di Kharkiv, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyebut Kharkiv butuh sistem pertahanan udara yang memadai.

"Kharkiv membutuhkan sistem pertahanan udara dalam jumlah memadai, wilayah Sumy membutuhkannya, wilayah Chernihiv dan seluruh wilayah kita menderita teror Rusia," kata Zelensky.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-757:

  • Menteri Pertahanan Belanda, Kajsa Ollongren mengatakan Amsterdam memberi €350 juta untuk Ukraina guna (pembelian) amunisi jet tempur F-16 dan drone pengintai canggih.
  • Komisi Eropa telah mencairkan bantuan pertama sebesar €4,5 miliar di bawah Fasilitas Ukraina yang baru di UE.

    Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Rabu (20/3/2024), Presiden Komisi Uni Eropa, Ursula von der Leyen, mengatakan: “Hari ini adalah hari yang baik bagi Ukraina, karena lebih banyak dana Uni Eropa yang mengalir untuk memenuhi kebutuhan mendesak.”

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-756: Vladimir Putin akan Kunjungan ke Tiongkok Mei 2024

  • Para pemimpin Uni Eropa akan membahas rencana untuk menggunakan keuntungan sebesar €2,5-€3 miliar per tahun dari aset keuangan Rusia yang dibekukan untuk membeli senjata bagi Ukraina pada Kamis (21/3/2024).
  • Lima negara anggota Komisi Eropa telah mendesak aliansi tersebut untuk memberlakukan larangan impor biji-bijian dari Rusia dan sekutunya Belarus.
  • Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pasukannya telah membersihkan desa perbatasan Rusia Kozinka di wilayah Belgorod dari pasukan Ukraina, menurut kantor berita negara RIA.

    Pasukan Ukraina telah melakukan beberapa serangan terhadap Kozinka dan pemukiman perbatasan di dekatnya dalam beberapa pekan terakhir.
  • Rusia telah kehilangan 433.090 tentara di Ukraina sejak awal invasi besar-besaran pada 24 Februari 2022, menurut staf umum angkatan bersenjata Ukraina.

    Jumlah ini, yang dilaporkan pada tanggal 20 Maret melalui Kyiv Independent, termasuk 700 korban yang diderita pasukan Rusia dalam satu hari terakhir.
BERITA REKOMENDASI

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas