Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Terancam Diseret ke ICC, Pakar Hukum Israel Langsung Rapat Darurat

ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pemimpin politik dan militer Israel.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Netanyahu Terancam Diseret ke ICC, Pakar Hukum Israel Langsung Rapat Darurat
Tangkap Layar JN
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. - ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pemimpin politik dan militer Israel lainnya atas dugaan pelanggaran hukum internasional di Gaza, televisi Israel melaporkan pada hari Kamis (18/4/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Israel semakin khawatir dengan kemungkinan diseret ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag.

ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pemimpin politik dan militer Israel lainnya atas dugaan pelanggaran hukum internasional di Gaza, televisi Israel melaporkan pada hari Kamis (18/4/2024).

Menurut berita Channel 12, tiga menteri dan beberapa pakar hukum pemerintah mengadakan “rapat darurat” di Kantor Perdana Menteri pada hari Selasa (16/4/2024) tentang bagaimana menanggapi kemungkinan surat perintah tersebut.

"Pertemuan tersebut diadakan setelah Yerusalem menerima pesan yang mengindikasikan bahwa surat perintah tersebut dapat dikeluarkan dalam waktu dekat," kata laporan itu, tanpa mengutip sumber.

Kantor Menteri Luar Negeri Israel Katz mengkonfirmasi kepada The Times of Israel bahwa pertemuan tersebut memang terjadi.

Ia mengatakan ada juga diskusi tentang kemungkinan surat perintah penangkapan dapat dikeluarkan terhadap petugas IDF.

Netanyahu mengangkat masalah ini dalam pertemuannya minggu ini dengan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron dan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, dan meminta bantuan mereka.

BERITA TERKAIT

Diskusi itu dihadiri oleh Katz, Menteri Kehakiman Yariv Levin dan Menteri Urusan Strategis Ron Dermer.

Diputuskan bahwa Israel akan menghubungi pengadilan dan “tokoh-tokoh diplomatik yang berpengaruh” dalam upaya untuk mencegah surat perintah agar tidak diterbitkan.

Sebelumnya, ratusan pengacara asal Chile mengajukan pengaduan ke ICC atas tindakan genosida yang dilakukan Israel.

Pengaduan ini dilakukan 650 delegasi pengacara Chile, termasuk mantan duta besar Nelson Hadad.

Serta Wakil Presiden Federasi Internasional untuk Hak Asasi Manusia (FIDH) Shawan Jabarin dan pengacara sekaligus profesor Chile, Rodolfo Marcone-Lo Presti.

Dikutip dari Al Mayadeen, langkah hukum itu diambil ratusan pengacara Chile karena dilatarbelakangi aksi genosida dan kejahatan perang yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.

Dalam gugatan yang dilayangkan 650 delegasi pengacara Chile, mereka menuntut agar dunia memberikan hukuman terhadap Israel.

Salah satunya dengan melakukan penangkapan bagi Netanyahu dan individu-individu lain yang bertanggung jawab atas dugaan kejahatan tersebut.

"Semua negara harus mengecam penjahat-penjahat perang, memastikan agar mereka dibuat bertanggung jawab, mengambil tanggung jawab mereka, menghadapi hukuman berdasarkan penalti dari Statuta Roma, dan menyediakan reparasi bagi para korban," ujar Hadad.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani/Olan)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas