Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Infeksi Paru-paru, Ibu Negara Suriah Kena Kanker Darah

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz yang menderita infeksi paru-paru dan ibu Negara Suriah, Asma al-Assad menderita leukimia

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Infeksi Paru-paru, Ibu Negara Suriah Kena Kanker Darah
khaberni/HO
Presiden Suriah Bashar al-Assad dan istrinya Asma 

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Infeksi Paru-paru, Ibu Negara Suriah Kena Kanker Darah

TRIBUNNEWS.COM - Situs berita kawasan Timur Tengah, Khaberni mengabarkan dua tokoh terkemuka di negara Arab mengalami tengah masalah kesehatan.

Kedua sosok itu adalah Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz yang menderita infeksi paru-paru dan ibu Negara Suriah, Asma al-Assad, istri Presiden Suriah Bashar al-Assad, menderita kanker darah atau Leukimia.

Baca juga: Media Inggris: Negara-Negara Arab Dukung Kehadiran Pasukan Asing di Gaza dan Tepi Barat

Kondisi Raja Salman

Terkait kondisi kesehatan Raja Salman, Kantor berita resmi SPA melaporkan pada Minggu (20/5/2024) malam kalau Raja Salman menyelesaikan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di klinik kerajaan di Istana Al-Salam di Jeddah.

Dari pemeriksaan tersebut, ditemukan adanya infeksi paru-paru pada diri Raja Salman.

Laporan tersebut menambahkan, "Tim medis memutuskan bahwa dia harus menjalani program pengobatan yang terdiri dari antibiotik di Istana Al Salam di Jeddah sampai infeksinya hilang."

Presiden Suriah Bashar al-Assad dan istrinya Asma
Presiden Suriah Bashar al-Assad dan istrinya Asma

Kondisi Asma al-Assad

Adapun terkait kondisi Asma al-Assad, Kepresidenan Republik Suriah hari ini, Selasa (21/5/2024), mengumumkan kalau istri Presiden Suriah Bashar al-Assad itu telah didiagnosis menderita leukemia.

BERITA REKOMENDASI

Kepresidenan Suriah menyatakan dalam sebuah pernyataan hari ini, “Ibu Negara Asma al-Assad didiagnosis menderita leukemia myelogenous akut.”

Pernyataan itu menambahkan kalau Asma Al-Assad “selanjutnya akan menjalani protokol perawatan khusus yang memerlukan kondisi isolasi sambil menerapkan jarak sosial yang sesuai.”

Menurut pernyataan kepresidenan, Ibu Negara “akan menghindari pekerjaan langsung dan berpartisipasi dalam acara dan kegiatan sebagai bagian dari rencana perawatan.”

Pada tahun 2019, Asma al-Assad diketahui menjalani operasi pengobatan kanker payudara.

Setelah laporan penyebaran penyakit ganas yang dideritanya, pihak berwenang Suriah mengungkapkan pada Agustus 2018 bahwa Asma al-Assad telah memulai tahap awal pengobatan untuk tumor payudara ganas yang ia temukan sejak dini.

Leukemia myelogenous akut (AML) adalah kanker darah dan sumsum tulang – jaringan spons di dalam tulang tempat sel darah dibuat.

Kata "akut" pada leukemia myelogenous akut mengacu pada perkembangan penyakit yang cepat.

Disebut leukemia myelogenous karena mempengaruhi sekelompok sel darah putih, yang berkembang secara normal dalam berbagai jenis sel darah matang, seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Leukemia myelogenous akut juga dikenal sebagai leukemia myeloid akut, leukemia myeloblastik akut, leukemia granulositik akut, dan leukemia nonlimfositik akut.

(oln/khbrn/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas