Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Houthi Segera Balas Israel, Siapkan Kejutan Besar Beberapa Hari Lagi

Houthi akan membalas serangan Israel di Hodeidah pada Sabtu lalu. Houthi mengatakan telah menyiapkan kejutan besar dalam beberapa hari lagi.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Houthi Segera Balas Israel, Siapkan Kejutan Besar Beberapa Hari Lagi
HandOut/Media Houthi
Dalam foto selebaran yang disediakan oleh pusat media Houthi, para petempur Houthi berpartisipasi dalam latihan militer pada 12 Maret 2024, di Sana’a, Yaman. --- Houthi siap membalas serangan Israel dan menyiapkan kejutan besar. 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota biro politik kelompok Ansar Allah Yaman, Ali Al-Qahum menegaskan pasukan Houthi tidak akan menunda untuk membalas serangan Israel di Hodeidah pada Sabtu (20/7/2024).

“Respons terhadap serangan Israel yang menargetkan kota Hodeidah Sabtu lalu tidak akan ditunda," kata Ali Al-Qahum kepada Sputnik, Senin (22/7/2024).

Ia mengatakan serangan balasan ke Israel mungkin akan terjadi beberapa hari lagi.

“Hari-hari mendatang akan penuh kejutan,” ujarnya.

Ali Al-Qahum juga memberikan bocoran wilayah mana saja yang akan menjadi sasaran Houthi dalam serangan balasan itu.

“Tujuannya akan mencakup wilayah Palestina yang diduduki secara luas dan komprehensif, dan Yaman Raya memiliki keunggulan dan kemampuan untuk mengubah keseimbangan kekuatan dan meraih kemenangan," ungkapnya.

Sebelumnya, puluhan jet temput Israel melancarkan serangkaian serangan udara terhadap tangki penyimpanan bahan bakar di pelabuhan Hodeidah, dan tangki diesel di pembangkit listrik di daerah Dune di kota Hodeidah pada Sabtu (20/7/2024).

BERITA TERKAIT

Houthi bersumpah untuk menanggapi serangan Israel dengan mengebom sasaran-sasaran penting di Israel.

Mereka menyatakan Tel Aviv sebagai daerah yang tidak aman, dan menekankan mempersiapkan perang panjang dengan Israel sampai Israel menghentikan operasi militer dan pengepungan terhadap rakyat Palestina.

Sehari sebelumnya, Houthi melancarkan serangan darat pertamanya dengan meluncurkan drone dari Yaman dan meledak di Tel Aviv pada Jumat (19/7/2024) waktu fajar.

Serangan itu menewaskan satu orang dan melukai 10 orang lainnya.

Baca juga: Serangan Israel di Yaman Dianggap Pamer, Houthi Sebut Tel Aviv Merasa Tak Aman

Militer Israel dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan akan membalas serangan itu.

Sejak 19 November 2023, Houthi menargetkan kapal-kapal terkait Israel di Laut Merah untuk menekan Israel agar menghentikan agresinya di Jalur Gaza.

Houthi berjanji tidak akan menghentikan serangannya di Laut Merah sampai berakhirnya agresi Israel di Jalur Gaza, pencabutan pengepungan di Jalur Gaza, dan masuknya bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas