Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanggapi Tewasnya Ismail Haniyeh, Komite Keamanan Parlemen Iran Gelar Rapat Darurat

Pemerintah Iran mengaku bakal berkomitmen untuk menelusuri secara tuntas terkait serangan yang menewaskan pemimpin Hamas tersebut.

Penulis: Bobby W
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Tanggapi Tewasnya Ismail Haniyeh, Komite Keamanan Parlemen Iran Gelar Rapat Darurat
Tehran Times
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh meninggal bersama seorang pengawalnya dalam sebuah serangan di kediamannya di Kota Teheran, Rabu pagi, 31 Juli 2024. Menanggapi kabar tersebut, Pemerintah Iran mengaku bakal berkomitmen untuk menelusuri secara tuntas terkait serangan yang menewaskan pemimpin Hamas tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, dikabarkan telah meninggal dunia akibat serangan udara yang dilakukan oleh Israel di Teheran, ibu kota Iran, pada hari Rabu (31/7/2024) ini.

Haniyeh bersama salah satu pengawalnya terbunuh setelah gedung tempat mereka menginap terkena bom yang diduga berasal dari serangan Israel.

Dikutip Tribunnews dari Al Jazeera, kepastian mengenai meninggalnya Ismail Haniyeh ini juga dikabarkan langsung melalui pernyataan resmi dari Hamas.

“Saudara, pemimpin, mujahid Ismail Haniyeh, kepala gerakan, tewas dalam serangan Zionis di markas besarnya di Teheran setelah ia menghadiri pelantikan presiden baru (Iran),” terang pernyataan Hamas melalui rilis yang mereka bagikan ke media.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) sendiri menyebutkan bahwa Haniyeh saat ini berada di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian yang digelar sehari sebelumnya.

Menanggapi meninggalnya Ismail Haniyeh ini, Juru bicara Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Ebrahim Rezaei pun buka suara.

Ia menyatakan bahwa Parlemen Iran dalam komite keamanan tersebut akan segera mengadakan rapat darurat untuk menanggapi tragedi tersebut.

BERITA TERKAIT

Dalam pernyataan singkatnya, Rezaei mengaku pemerintah Iran berkomitmen untuk menelusuri secara tuntas terkait serangan yang menewaskan pemimpin Hamas tersebut.

“Masalah ini sedang dalam penyelidikan Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri, kami nantinya akan mengumumkan informasi yang diperlukan mengenai langkah-langkah dan pertemuan yang akan digelar selanjutnya sebagai respons,” tambahnya.

Ditemui secara terpisah, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani juga turut memberikan komentarnya mengenai pembunuhan Ismail Haniyeh.

Baca juga: Ismail Haniyeh Tewas, Komisi I DPR Khawatir Situasi Timur Tengah Semakin Memanas

"Haniyeh adalah pejuang yang tanpa lelah terus melawan rezim Israel sepanjang hidupnya untuk membebaskan Al-Quds yang suci."ungkap Nasser Kanaani kepada wartawan.

Kanaani juga mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya Haniyeh kepada bangsa Palestina.

ia meyakini jasa-jasa Ismail Haniyeh bakal selalu dikenang dan diingat baik oleh, Hamas, semua kelompok perlawanan di Gaza, serta negara-negara lainnya yang mendukung perjuangan Palestina.

"Meninggalnya Ismail Haniyeh di Teheran akan memperkuat hubungan mendalam antara Republik Islam Iran dan Palestina.” pungkas Kanaani.

(Tribunnews.com/Bobby)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas