Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Pengumuman Capim KPK Lolos Tes Tulis 8 Agustus, Lanjut Asesmen Profil

Pansel KPK telah selesai menggelar tes tulis untuk calon pimpinan (capim) KPK. Para peserta yang lolos akan diumumkan pada 8 Agustus…

zoom-in Pengumuman Capim KPK Lolos Tes Tulis 8 Agustus, Lanjut Asesmen Profil
Deutsche Welle
Pengumuman Capim KPK Lolos Tes Tulis 8 Agustus, Lanjut Asesmen Profil 

"Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024," kata anggota Pansel KPK, Elwi Danil, di gedung Pusdiklat Setneg, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Para pendaftar yang lolos tes tertulis akan diumumkan di situs Kementerian Sekretariat Negara dan situs KPK. Mereka yang lolos akan mengikuti rangkaian tes berikutnya.

"Mereka yang dinyatakan lolos pada tes tertulis ini nanti akan dilakukan profile assessment," ujar Elwi.

Bobot Nilai Tes Tulis Capim KPK

Elwi menjelaskan materi tes tulis bagi capim KPK hari ini. Hasil tes tulis para capim KPK ini akan dinilai oleh tim ahli yang dilibatkan Pansel KPK.

"Pokoknya hasil jawaban tes tertulis ini akan diperiksa dan dinilai oleh proofreader yang ditunjuk oleh panitia seleksi. Mereka semua dari kalangan akademisi dan mereka semua adalah orang-orang yang ahli di bidangnya," jelas Elwi.

Dalam tes tulis capim KPK hari ini ada enam pertanyaan yang dijawab oleh para peserta. Empat merupakan pertanyaan wajib dan dua sisanya merupakan pertanyaan yang dipilih oleh pendaftar.

"Keseluruhannya dapat kami sampaikan untuk calon pimpinan KPK itu ada sembilan pertanyaan dan sembilan pertanyaan itu merupakan empat pertanyaan wajib dan dua pertanyaan pilihan dari lima pilihan pertanyaan yang tersisa. Masing-masing pertanyaan itu punya bobot dan keenamnya akan memiliki bobot 100," katanya.

229 calon pimpinan KPK

BERITA TERKAIT

Total ada 229 peserta capim KPK yang mengikuti tes tulis hari ini. Jumlah itu berasal dari 236 peserta yang sebelumnya telah lolos seleksi administrasi.

Ada tujuh orang capim KPK yang hari ini tidak hadir tes tulis. Pansel KPK mengatakan ketujuh orang itu telah dinyatakan gugur dari proses seleksi capim KPK.

"Yang tidak hadir itu dinyatakan gugur," pungkas Elwi.

Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas