Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kecam Pemkot Nagasaki yang Tak Undang Israel, AS dan Inggris Ogah Hadiri Peringatan Bom Atom PD II

Sebagai protes atas tindakan Pemkot Nagasaki kepada Israel, AS dan Inggris menyatakan pihaknya tak akan menghadiri upacara peringatan tersebut

Penulis: Bobby W
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Kecam Pemkot Nagasaki yang Tak Undang Israel, AS dan Inggris Ogah Hadiri Peringatan Bom Atom PD II
Tetsuji Noguchi / Yomiuri / The Yomiuri Shimbun via AFP
Julia Longbottom, Duta Besar Inggris untuk Jepang, berbicara kepada media mengenai kunjungan kaisar dan permaisuri Jepang ke Inggris di Kedutaan Besar Inggris di Tokyo, Jepang pada 12 Juni 2024. Sebagai protes atas tindakan Pemkot Nagasaki kepada Israel, Pihaknya dan Kedubes AS menyatakan tak akan menghadiri upacara peringatan bom atom di Nagasaki tahun ini 

TRIBUNNEWS.COM - Kecaman keras diutarakan oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris kepada Pemerintah Kota Nagasaki yang tak memberikan undangan ke Israel dalam peringatan serangan bom atom di kota tersebut yang rencananya akan digelar pada Jumat ini (9/8/2024).

Sebagai protes atas tindakan Pemkot Nagasaki, AS dan Inggris selaku sekutu dekat negara Israel menyatakan pihaknya tak akan menghadiri upacara peringatan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Inggris untuk Jepang, Julia Longbottom.

Ia menjelaskan bahwa keputusannya bersama Kedubes AS tersebut didasari atas kekecewaan mereka kepada Pemkot Nagasaki yang tidak mengundang Israel untuk hadir.

Tak hanya Israel, Pemkot Nagasaki dikabarkan juga tak mengirimkan undangannya kepada Rusia dan Belarusia dengan alasan kedua negara tersebut terus menginvasi Ukraina.

Dalam konferensi pers pada Selasa (6/8/2024), Longbottom pun memertanyakan alasan yang disampaikan Pemkot Nagasaki yang menyamakan kasus di Israel dengan Rusia sebagai alasan tak diundang.

Longbottom menegaskan bahwa Rusia dan Belarus bekerja sama dalam menginvasi Ukraina, sedangkan Israel hanya menjalankan haknya untuk membela diri atas serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

BERITA TERKAIT

"Oleh karena itu, memperlakukan Israel dengan cara yang sama (dengan Rusia dan Belarus) adalah tindakan yang menyesatkan," ungkapnya, seperti yang dikutip Tribunnews dari Asahi Shinbun.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Duta Besar AS untuk Jepang, Rahm Emanuel.

Rahm mengakui bahwa pihaknya akan melewatkan upacara perdamaian Nagasaki.

Meskipun begitu, dia mengaku pihaknya akan menghadiri upacara peringatan bom atom yang digelar di Hiroshima karena mereka mengundang Israel.

Baca juga: Kedubes Israel Kecam Pemkot Nagasaki yang Tak Beri Undangan Peringatan Bom Atom: Iran Kok Diundang?

Menurut Kedutaan Besar AS, Rahm Emanuel ogah untuk menghadiri upacara di Nagasaki lantaran potensi kedatangannya nanti akan dipolitisir sejumlah pihak.

Sebagai gantinya, kedutaan sedang mengatur agar dia menghadiri upacara peringatan untuk korban bom atom Nagasaki di Kuil Zojoji di Tokyo pada hari yang sama.

Staf kedutaan mengatakan bahwa keinginan duta besar untuk mengenang mereka yang meninggal tetap tidak berubah.

Konsulat AS di Fukuoka, dekat Nagasaki, mengatakan pada 7 Agustus bahwa Chuka Asike, pejabat utama konsulat, akan menghadiri acara tersebut.

(Tribunnews.com/Bobby)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas