Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Perpaduan Malaysia: Warisan Seni Budaya Malaysia dan Indonesia Serupa Tapi Tak Sama

Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara tetangga serumpun sehingga memiliki warisan seni, budaya, dan adat istiadat yang miliki ragam kesamaan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Menteri Perpaduan Malaysia: Warisan Seni Budaya Malaysia dan Indonesia Serupa Tapi Tak Sama
Tribunnews.com
Datuk Aaron Ago Dagang di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia dan Malaysia merupakan dua negara tetangga yang serumpun sehingga memiliki warisan seni, budaya, dan adat istiadat yang memiliki ragam kesamaan.

Ini mendorong Indonesian Heritage Agency (IHA) dan Jabatan Muzium Malaysia (JMM) serta didukung berbagai kementerian dan lembaga terkait berkolaborasi mengadakan rangkaian pameran dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serumpun” di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta. 




Menteri Perpaduan Malaysia, YB Datuk Aaron Ago Dagang mengatakan, Malaysia dan Indonesia memiliki kemajemukan etnik, agama, kekayaan budaya dan tradisi yang menjadi nadi kekuatan untuk memperkokoh hubungan dua bangsa serumpun.

"Penguasaan pengetahuan, khususnya sejarah dan budaya suatu negara merupakan keharusan bagi seorang warga negara untuk memahami, menghayati, mempunyai semangat jati diri untuk membina sebuah negara dan bangsa yang bersatu, kuat, harmonis dan berdaulat,” kata Datuk Aaron Ago Dagang saat pembukaan acara, Rabu (13/8/2024).

Pameran ini akan menampilkan gambaran kebudayaan Malaysia dan berbagai program publik.

"Pameran Citra Nusa diharapkan juga dapat menjelaskan cara hidup masyarakat Indonesia dan Malaysia dari masa ke masa, termasuk prinsip-prinsip budaya dan adat istiadat, dan berbagai aspek arsitektur tradisional.

BERITA TERKAIT

Pameran “Kita Serumpun” dibuka untuk publik pada tanggal 3 hingga 31 Agustus 2024 dan Festival “Kita Serumpun” akan diadakan pada tanggal 10,11,13,14, dan 15 Agustus 2024.

"Pameran dan festival diadakan bertujuan mengedukasi publik, khususnya generasi muda mengenai beragam warisan seni dan budaya Malaysia dan Indonesia yang serupa, tapi tak sama,"  kata Datuk Aaron Ago.

Ketua Tim Kuratorial dan Koleksi IHA, Zamrud Setya Negara mengatakan, sejalan dengan visi IHA untuk mereimajinasi museum dan cagar budaya, kegiatan ini merupakan wujud konkret dari komitmen kami untuk mengupayakan reprogramming, atau pemrograman ulang tata pamer dan program museum salah satunya melalui program kolaborasi.

"Harapan kami agar rangkaian pameran dan festival yang dihadirkan ini dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, khususnya bagi generasi muda, agar mereka lebih mengenal dan mencintai budaya nusantara,” katanya.

Rangkaian pameran dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serumpun” didengan target 100.000 pengunjung ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah dalam pemanfaatan museum sebagai ruang publik yang memiliki nilai edukatif.
Caption : Menteri Perpaduan Malaysia, YB Datuk Aaron Ago Dagang (paling kiri) saat pembukaan pameran dan festival Citra Nusa @ Indonesia: “Kita Serumpun” di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas