Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Terancam Runtuh jika Perang Berlanjut Kurang dari Setahun, Kata Eks-Jenderal, Yitzhak Brik

Israel terancam terpuruk dalam waktu kurang dari setahun jika Perang Gaza terus berlanjut, Kata Yitzhak Brik, Pensiunan Jenderal IDF.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Terancam Runtuh jika Perang Berlanjut Kurang dari Setahun, Kata Eks-Jenderal, Yitzhak Brik
tangkapan layar X
Israel terancam terpuruk dalam waktu kurang dari setahun jika Perang Gaza terus berlanjut, Kata Yitzhak Brik, Pensiunan Jenderal IDF. Ada beberapa masalah yang dihadapi Israel saat ini. Mereka menghadapi ekonomi yang sedang terpuruk, seruan global untuk boikot, pertikaian internal Israel, kekurangan pasukan, dan perang di beberapa wilayah, otoritas Israel terus menyabotase perundingan gencatan senjata yang dapat meredakan ketegangan regional. 

Kurang dari Setahun, Israel Terancam Runtuh jika Perang Gaza Terus Berlanjut Kata Pensiunan Jenderal

TRIBUNNEWS.COM- Israel terancam terpuruk dalam waktu kurang dari setahun jika Perang Gaza terus berlanjut, Kata Yitzhak Brik, Pensiunan Jenderal IDF.

Ada beberapa masalah yang dihadapi Israel saat ini. Mereka menghadapi ekonomi yang sedang terpuruk, seruan global untuk boikot, pertikaian internal Israel, kekurangan pasukan, dan perang di beberapa wilayah, otoritas Israel terus menyabotase perundingan gencatan senjata yang dapat meredakan ketegangan regional.

Mantan ombudsman tentara Israel, Jenderal cadangan Yitzhak Brik, mengatakan negaranya “menghadapi kehancuran dalam waktu kurang dari setahun” jika perang melawan perlawanan Palestina di Gaza dan perlawanan Lebanon di utara terus berlanjut dengan kecepatan seperti saat ini.

Dalam kolom opini yang diterbitkan Haaretz pada 21 Agustus, Brik mengklaim Menteri Pertahanan Yoav Gallant sudah mulai “sadar,” merujuk pada komentar terbaru Gallant di mana ia menyebut janji Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tentang “kemenangan total” di Gaza sebagai “omong kosong.”

“[Gallant] mulai memahami bahwa jika perang regional meletus karena kegagalan mencapai [kesepakatan gencatan senjata], Israel akan berada dalam bahaya,” kata Brik, seraya menambahkan bahwa “Gallant sudah memahami bahwa perang telah kehilangan tujuannya".

"Kita tenggelam dalam lumpur, kehilangan pejuang yang terbunuh dan terluka, tanpa peluang untuk mencapai tujuan utama.”

BERITA TERKAIT

“Memang, negara ini sedang menuju depresiasi. Jika perang gesekan terhadap Hamas dan Hizbullah berlanjut, Israel akan runtuh tidak lebih dari setahun,” tegas mantan panglima angkatan darat itu.

Brik melanjutkan dengan menyebutkan banyak ancaman yang dihadapi Israel 10 bulan setelah kampanye genosida di Gaza, termasuk meningkatnya serangan di dalam wilayahnya, krisis tenaga kerja di angkatan darat karena kerugian yang besar , ekonomi yang runtuh diperburuk oleh seruan global untuk memboikot negara tersebut, kemungkinan embargo pengiriman senjata, dan "hilangnya ketahanan sosial dan kebencian antara bagian-bagian populasi, yang dapat memicu dan menyebabkannya runtuh dari dalam."

“Semua jalan politik dan militer membawa Israel ke lereng terjal … Israel telah memasuki putaran eksistensial, dan mungkin akan segera mencapai titik balik,” pungkas Brik.

Peringatan kerasnya muncul setelah sumber-sumber politik mengungkapkan kepada media Israel pada hari Kamis bahwa Netanyahu “ tidak mengubah posisinya” mengenai persyaratan kesepakatan gencatan senjata Gaza setelah berbicara dengan Presiden AS Joe Biden pada malam sebelumnya.

Negosiasi gencatan senjata akan dilanjutkan di ibu kota Mesir dalam beberapa hari mendatang tanpa kehadiran Hamas, karena kelompok Palestina tersebut telah menolak proposal baru yang didukung AS dan tetap bersikeras menuntut Israel untuk mematuhi persyaratan proposal sebelumnya yang disetujui pada tanggal 2 Juli, dengan mengatakan bahwa perundingan sepihak tersebut memberi Israel "lebih banyak waktu untuk mengabadikan perang genosida terhadap rakyat kami."

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas