Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Waspada, Drone Datang dari Dua Arah Wilayah Pendudukan

Militer Ukraina mengingatkan kepada warganya agar waspada, Rusia telah meluncurkan sejumlah pesawat nirawak atau drone dari arah utara dan selatan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ukraina Waspada, Drone Datang dari Dua Arah Wilayah Pendudukan
Military Express
Ilustrasi drone Shahed. Ukraina mengumumkan bahwa drone-drone Rusia menyerang dari dua arah wilayah pendudukan 

TRIBUNNEWS.COM -- Militer Ukraina mengingatkan kepada warganya agar waspada, Rusia telah meluncurkan sejumlah pesawat nirawak atau drone dari arah utara dan selatan.

Dalam postingan di akun Telegram Angkatan Udara Ukraina menyebutkan drone-drone tersebut bergerak dari kedua arah yang telah dikuasai oleh Rusia.

“Peluncuran UAV serang dari utara! Mereka bergerak melalui wilayah Sumy!” demikian akun Telegram Angkatan Udara pada Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Volodymyr Zelenskyy Minta Izin ke 4 Negara untuk Lancarkan Serangan Jarak Jauh ke Rusia

“Peluncuran UAV serang dari selatan! Mereka bergerak melalui wilayah Zaporizhzhia menuju wilayah Dnipropetrovsk!” dalam postingan lanjutan beberapa menit kemudian.

Seperti dilansir Ukrinform, satu orang tewas dan empat lainnya terluka akibat penembakan Rusia di Kostiantynivka.

Sementara media Rusia TASS mengabarkan, kelompok tempur Rusia Utara telah melenyapkan hingga 75 prajurit Ukraina dan menghancurkan depot amunisi musuh dalam 24 jam terakhir, demikian laporan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Di wilayah Volchansk dan Liptsy, kelompok tempur utara mengalahkan brigade mekanik ke-23 dan ke-25 Ukraina, brigade penyerang ke-92, dan brigade Garda Nasional ke-3 di dekat Zolochev, Goptovka, Alexandrovka, dan Velikiye Prokhody di Wilayah Kharkov. Angkatan bersenjata Ukraina kehilangan hingga 75 prajurit, sebuah pengangkut personel lapis baja, dua mobil, dan sebuah howitzer D-30 122 mm. Prajurit Rusia juga menghancurkan sebuah depot amunisi," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

BERITA TERKAIT

Sementara unit-unit Kelompok tempur Rusia Selatan mengklaim telah membuat musuh kehilangan hingga 670 prajurit dalam sehari terakhir, saat bergerak lebih dalam ke pertahanan Ukraina di Republik Rakyat Donetsk.

"Unit-unit Battlegroup Selatan telah meningkatkan posisi garis depan taktis mereka, menyerang pasukan dan peralatan musuh. Mereka juga menangkis dua serangan balik oleh tim penyerang Brigade Pertahanan Teritorial ke-116. Musuh kehilangan hingga 670 tentara, tiga kendaraan bermotor, dua howitzer M777 155 mm buatan AS, dua howitzer D-20 152 mm, satu howitzer D-30 122 mm, dan satu sistem peperangan elektronik AN/TPQ-37 buatan AS. Sebuah depot amunisi juga hancur," bunyi pernyataan itu.

Baca juga: Ribuan Tentara Korea Utara Disebut Mulai Bantu Rusia Perang Lawan Ukraina di Donbass

Unit-unit battlegroup membebaskan pemukiman Karlovka di Republik Rakyat Donetsk dan menyerang pasukan dan peralatan empat brigade Ukraina di dekat Tserbinovka, Dzerzhinsk, Ukrainsk, Dimitrov, dan Selidov.

Mereka juga menangkis tujuh serangan balik oleh tim penyerang Brigade Mekanik ke-53, Brigade Jaeger ke-71, dan Brigade Serangan Udara ke-25 angkatan bersenjata Ukraina, Brigade Marinir ke-37, Brigade Garda Nasional ke-145, dan Brigade Penyerang Lyut Kepolisian Nasional Ukraina.

Musuh kehilangan lebih dari 480 tentara, kendaraan tempur lapis baja MaxxPro buatan AS, dua kendaraan bermotor, howitzer Msta-B 152 mm, sistem artileri gerak sendiri Gvozdika 122 mm, dan senjata antitank Rapira 100 mm.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas