Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Sandera Israel di Tel Aviv Menyalahkan Benjamin Netanyahu atas Kematian 6 Sandera Israel

Keluarga sandera Israel di Tel Aviv menyalahkan Netanyahu atas kematian 6 tahanan.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Keluarga Sandera Israel di Tel Aviv Menyalahkan Benjamin Netanyahu atas Kematian 6 Sandera Israel
X
Enam sandera Israel yang ditemukan tewas di Rafah, Jalur Gaza selatan pada Sabtu (31/8/2024). 

Keluarga Sandera Israel di Tel Aviv Menyalahkan Netanyahu atas Kematian 6 Tahanan

TRIBUNNEWS.COM- Keluarga sandera Israel di Tel Aviv menyalahkan Netanyahu atas kematian 6 tahanan.

Puluhan keluarga sandera Israel yang ditawan di Jalur Gaza berkumpul di Lapangan HaBima, Tel Aviv pada hari Kamis, menuntut kesepakatan pertukaran dengan kelompok Palestina, Hamas, Anadolu Agency melaporkan.




Para demonstran membawa enam peti mati kosong yang dibungkus bendera Israel, melambangkan enam sandera yang jasadnya ditemukan dari sebuah terowongan di Jalur Gaza selatan minggu lalu.

Lembaga penyiaran publik Israel, Kan , melaporkan bahwa keluarga tersebut mengadakan konferensi pers, menuduh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meninggalkan orang yang mereka cintai.

“Perdana Menteri, Anda telah menelantarkan putra-putra kami. Jika Anda tidak mau mengembalikan mereka, kami sendiri yang akan melakukannya. Pengabaian ini harus diakhiri, di sini dan sekarang,” kata mereka.

Protes tersebut menyoroti meningkatnya rasa frustrasi terhadap penanganan situasi oleh Netanyahu, terutama setelah pernyataan terbarunya yang membela kehadiran militer Israel yang berkelanjutan di Koridor Philadelphia di perbatasan Gaza-Mesir.

BERITA TERKAIT

Netanyahu telah berulang kali menekankan bahwa pencapaian tujuan militer di Gaza bergantung pada penguasaan Koridor ini, dan menyatakan bahwa Israel “tidak akan pernah menarik diri” darinya.

Namun, para kritikus, termasuk keluarga para sandera, berpendapat bahwa desakan Netanyahu menghambat negosiasi potensial pertukaran tahanan-sandera dengan Hamas.

Meski mendapat kritik selama berbulan-bulan dari keluarga, Netanyahu belum mengalah dalam masalah ini.

Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah berupaya mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan dan gencatan senjata serta mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza.

Tetapi upaya mediasi terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas untuk menghentikan perang.

Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Hampir 40.900 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah terbunuh dan lebih dari 94.400 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade yang terus berlanjut di daerah kantong itu telah mengakibatkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, sehingga sebagian besar wilayah hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida atas tindakannya di Gaza di Mahkamah Internasional.

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas