Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Shigeru Ishiba Terpilih Sebagai Ketua LDP, Jadi PM Jepang yang Baru

Ishiba menang di putaran kedua melawan  Sanae Takaichi (63) dengan angka 215-914 usai sebelumnya di tahap pertama Takaichi menang terhadap Ishiba

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Shigeru Ishiba Terpilih Sebagai Ketua LDP, Jadi PM Jepang yang Baru
Tribunnews.com/Ricard Susilo
Shigeru Ishiba setelah menerima pengumuman sebagai pemenang pemilu partai demokrat liberal (LDP) sore ini (27/9/2024). 

Shigeru Ishiba setelah menerima pengumuman sebagai pemenang pemilu partai demokrat liberal (LDP) sore ini (27/9/2024).
Richard Susilo

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -    Shigeru Ishiba (67) akhirnya terpilih sebagai Ketua partai demokrat liberal (LDP) yang baru sekaligus menjadi PM Jepang yang baru mulai besok setelah mengumumkan kabinetnya dan melaporkan dirinya kepada Kaisar Jepang Naruhito.

"Alasan utama pemilihan presiden ini adalah bahwa Perdana Menteri Kishida mengundurkan diri untuk menghentikan ketidakpercayaan banyak orang di LDP. Saya ingin Jepang dan LDP kembali menjadi kuat kembali sekaligus bisa membangkitkan Jepang maju kembali di masa depan," ungkap Ishiba.

Ishiba juga  menambahkan, "Saya telah terlibat dalam keamanan untuk waktu yang lama, dan saya akan melindungi negara. Dan kami akan melindungi rakyat. Kami pasti akan menciptakan Jepang di mana setiap orang dapat merasakan kebahagiaan, merasa aman dan terjamin, dan di mana senyum setiap orang akan kembali sekali lagi. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Jepang."

Ishiba menang di putaran kedua melawan  Sanae Takaichi (63) dengan angka 215-914. Sebelumnya di tahap pertama pemilu Takaichi menang terhadap Ishiba. Takaichi diharapkan sebelumnya menjadi PM Jepang wanita pertama di Jepang namun gagal melwat Ishiba.

Takaichi pun sempat berjanji akan tetap melayat ke kuil Yasukuni apabila menjadi PM Jepang.

Baca juga: Koizumi atau Ishiba Gantikan Fumio Kishida Jadi PM Jepang? Ini Analisis Profesor Universitas Tokyo

BERITA REKOMENDASI

"Meskipun jadi PM Jepang saya tetap akan berkunjung ke kuil Yasukuni nantinya," papar Takaichi beberapa waktu lalu.

Sudah banyak PM Jepang sejak 30 tahunan lebih para PM Jepang membatasi diri tidak ke kuil Yasukuni untuk menghindari ketegangan dengan China dan Korea yang menentang sangat kuat kunjungan PM Jepang ke kuil para pahlawan perang Jepang di Yasukuni.

Hasil pemungutan suara putaran pertama siang ini di partai demokrat liberal (LDP) dimenangkan Takaichi  Menteri Keamanan Ekonomi dari Tottori yang mengalahkan Shigeru Ishiba mantan sekretaris jenderal LDP dengan 181-154.

Pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal (LDP), di mana rekor sembilan kandidat mencalonkan diri, diperebutkan dengan 367 suara untuk anggota Diet dan 368 suara untuk anggota partai.

Pada putaran pertama pemungutan suara,   Ishiba menerima 154 suara (46 suara untuk anggota dan 108 suara untuk anggota partai) dan   Takaichi menerima 181 suara (72 suara untuk anggota dan 109 suara untuk anggota partai).

Akibatnya  menghasilkan pemilihan putaran kedua antara  Ishiba dan  Takaichi, yang akan diumumkan skeitar jam 16.00 waktu Jepang nanti.

Kemudian  beralih ke pemilihan putaran kedua di mana 415 suara diperebutkan, termasuk 367 suara untuk anggota parlemen dan 47 suara untuk anggota partai.
 
 Ishiba, akhirnya menang di putaran kedua berhasil menjadi PM Jepang yang baru,  memberikan komentar, "Kita harus menjadi LDP yang mematuhi aturan dan dipercaya oleh rakyat.

Sementara itu bagi para pengusaha UKM Handicraft Indonesia dan pecinta Jepang   dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dan Handicraft dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang/Handicraft. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas