Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

726 Tentara Israel Tewas Selama 1 Tahun Perang di Gaza, 4.500 Luka-luka

IDF menyatakan setidaknya 726 tentaranya tewas dan 4.500 lebih tentaranya luka-luka dalam perang melawan Hamas di Gaza sejak 7 Oktober 2024. 

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in 726 Tentara Israel Tewas Selama 1 Tahun Perang di Gaza, 4.500 Luka-luka
IDF/Times of Israel
Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Letjen Herzi Halevi menyampaikan briefing kepada pasukan IDF di Israel selatan pada 15 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan setidaknya 726 tentaranya tewas dan 4.500 lebih tentaranya luka-luka dalam perang melawan Hamas di Gaza sejak 7 Oktober 2024. 

Dari 726 korban tewas, 346 tewas dalam operasi darat di Gaza, yang dimulai pada 27 Oktober tahun lalu. Kerugian ini merupakan yang tertinggi yang diderita Israel selama konflik militer apa pun sejak Perang Yom Kippur tahun 1973, yang menewaskan lebih dari 2.600 tentara Israel.

Dari 726 korban tewas, 56 meninggal karena tembakan ramah atau “kecelakaan operasional” lainnya, kata IDF.

IDF mencatat bahwa jumlah jenazah saat ini hanya mencakup mereka “yang namanya telah diizinkan untuk dipublikasikan,” yang berarti jumlah sebenarnya bisa jauh lebih tinggi.

Sebanyak 4.576 tentara Israel terluka sejak awal perang, 2.300 di antaranya terluka dalam operasi darat di Gaza, lanjut pernyataan itu.

Hamas melancarkan serangan mendadak ke Israel pada 7 Oktober 2023, menewaskan sekitar 1.100 orang dan menyandera sekitar 250 orang saat kembali ke Gaza.

Tentara Israel berjaga di sekitar makam seorang kawannya yang terbunuh di Lebanon, saat pemakamannya di dekat Tel Aviv, Israel, 6 Oktober 2024.
Tentara Israel berjaga di sekitar makam seorang kawannya yang terbunuh di Lebanon, saat pemakamannya di dekat Tel Aviv, Israel, 6 Oktober 2024. (Getty Images/Leon Neal/Russia Today)

Israel menanggapinya dengan menyatakan perang terhadap kelompok militan tersebut dan melancarkan kampanye pengeboman intensif di daerah kantong Palestina. 

BERITA REKOMENDASI

Operasi darat dilakukan tiga minggu kemudian, dan setelah satu tahun pertempuran, hampir 42.000 warga Palestina tewas, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Jumlah jenazah yang dihitung oleh kementerian tersebut dianggap akurat oleh PBB, namun tidak membedakan antara warga sipil dan militan.

Dalam pernyataan hari Minggu, IDF mengklaim telah memusnahkan sekitar 17.000 anggota Hamas dan kelompok militan lainnya di Gaza sejak Oktober lalu.

Jika penghitungan ini akurat, IDF telah membunuh 2,4 warga sipil untuk setiap militan.

Baca juga: Israel akan Ngebom Hizbullah dari Laut, IDF Peringatkan Warga Lebanon Agar Jauhi Pantai

Sekitar 800 “teroris” telah terbunuh di Lebanon dan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon, kata IDF, seraya menambahkan bahwa jumlah tersebut mencakup sekitar 90 komandan Hizbullah.

Dengan operasi darat dan serangan udara Israel yang sedang berlangsung di Lebanon, kementerian kesehatan negara tersebut memperkirakan jumlah korban tewas sejak Oktober lalu di atas 2.000 orang, termasuk lebih dari 100 anak-anak.

Sumber: Russia Today

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas