Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Orang Jerman Anggap Buang Ingus di Tempat Umum Itu Normal

Apa yang sopan di satu negara belum tentu sopan di negara lain. Bagi orang Jerman, buang ingus di tempat umum sepenuhnya normal karena…

zoom-in Orang Jerman Anggap Buang Ingus di Tempat Umum Itu Normal
Deutsche Welle
Orang Jerman Anggap Buang Ingus di Tempat Umum Itu Normal 

Berbeda negara, berbeda juga budayanya, terutama kebiasaan apa saja yang dianggap sopan di negara tersebut. Bagi kebanyakan orang Indonesia, membuang ingus di tempat umum merupakan hal yang tidak sopan dan dianggap jorok. Sementara, orang Jerman menganggapnya sebagai hal yang normal dilakukan.

Hal ini karena orang Jerman menganggap membuang ingus merupakan fungsi tubuh yang normal dan orang yang "sentrap-sentrup", atau menarik ingus agar tidak mengalir keluar, justru mengganggu mereka. Bahkan ada ucapan di Jerman, yakni "was rauss muss, muss raus" yang berarti "apa yang harus keluar, harus keluar."

Enggak hanya di Indonesia, orang Jepang juga enggan untuk membuang ingus di tempat umum karena dianggap melanggar norma kesopanan. Bagi mereka, membuang ingus itu sama tidak sopannya dengan berteriak di dalam kereta karena menyebabkan publik terganggu dan sebaiknya dilakukan tidak di depan orang-orang atau dilakukan secara diam-diam. Banyak orang Jerpang tidak ingin menjadi pusat perhatian dan tidak mau dianggap sebagai pembuang ingus yang berisik dan sakit-sakitan.

Di negara-negara lain seperti Cina, Arab Saudi, dan Turki, membuang ingus di depan umum tidak hanya tidak sopan, tetapi juga dianggap menjijikkan.

(Berbagai sumber)

BERITA REKOMENDASI
Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas