Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanggal 31 Oktober Jadi Perayaan Halloween, Ini Sejarah dan Cara Merayakannya

Berbagai kostum menakutkan dan hiasan rumah yang meriah namun berbau mistis biasanya muncul pada perayaan Halloween.

Editor: willy Widianto
zoom-in Tanggal 31 Oktober Jadi Perayaan Halloween, Ini Sejarah dan Cara Merayakannya
Freepik
Ilustrasi Perayaan Halloween 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tanggal 31 Oktober tinggal menghitung hari. Biasanya pada tanggal tersebut ada perayaan Halloween dan selalu menjadi perayaan internasional.

Baca juga: Kepala Polisi Seoul Didakwa Lalai atas Tragedi Halloween Itaewon yang Tewaskan 159 Orang

Berbagai kostum menakutkan dan hiasan rumah yang meriah namun berbau mistis biasanya muncul pada perayaan Halloween.

Dikutip dari Library of Congress Halloween berawal dari festival orang mati Celtic pra-Kristen kuno yang disebut Samhain. Samhain menjadi Halloween yang kita kenal ketika misionaris Kristen berusaha mengubah praktik keagamaan masyarakat Celtic dengan menetapkan hari raya Kristen.

Kemudian dalam perjalanannya pada tanggal 1 November Paus Gregorius III memberikan penghormatan terhadap orang-orang kudus. Setelah itu terciptalah All Saints Day dan memasukkan sebagian dari tradisinya ke tradisi Samhain.

Baca juga: Cara Mike Tyson Kenang Muhammad Ali saat Halloween, Terbang Seperti Kupu-kupu, Menyengat Bagai Lebah

Malam sebelum All Saints Day dikenal sebagai All Hallows Eve. Malam inilah yang kemudian dikenal hingga saat ini disebut sebagai Halloween.

Selama festival Samhain berlangsung mereka menganggap arwah orang yang telah meninggal akan datang dan mengunjungi masing-masing rumah. Karena itulah biasanya pada perayaan Halloween biasanya dinyalakan api unggun untuk menakut-nakuti roh jahat. Terkadang ada juga yang mengenakan topeng untuk menyamar agar tidak dikenali arwah tak dikenal yang ikut hadir.

Festival Samhain menandai peralihan ke tahun baru di akhir panen dan awal musim dingin. Orang Celtic percaya bahwa selama festival, roh berjalan di bumi. Belakangan, para misionaris Kristen memperkenalkan Hari Semua Jiwa pada tanggal 2 November, yang melanggengkan gagasan bahwa orang hidup akan melakukan kontak dengan orang mati pada waktu yang hampir bersamaan dalam setahun.

Baca juga: Penembakan Massal di Pesta Halloween Indianapolis, 1 Orang Tewas dan 8 Lainnya Terluka

BERITA REKOMENDASI

Halloween bisa menjadi waktu yang sangat menyenangkan sepanjang tahun. Dengan tekanan yang lebih sedikit dibandingkan Natal namun lebih meriah dibandingkan acara lainnya, ini adalah kesempatan sempurna untuk menjalin ikatan dengan anak-anak Anda dan menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai sebuah keluarga.

Meskipun Anda bukan penggemar berat Halloween, menciptakan tradisi Halloween keluarga mengajarkan anak Anda pentingnya perayaan kecil. Untuk memaksimalkan Halloween, berikut adalah aktivitas menyenangkan yang dapat Anda gunakan untuk menghabiskan waktu bersama semaksimal mungkin sebagai sebuah keluarga.

Baca juga: Perayaan Hari Ekraf Nasional, Akbar Supratman: Ajang Kolaborasi dan Perayaan Kreativitas

1. Memetik dan Mengukir Labu
Salah satu aktivitas keluarga terbaik yang dapat Anda lakukan menjelang Halloween adalah memetik labu di pertanian setempat! Setelah Anda memilih labu, Anda dapat membiarkan si kecil memutuskan dimana akan meletakkannya dan bagaimana cara menghias atau mengukirnya.

2. Hiasi Rumah
Anak-anak suka mengambil bagian dalam aktivitas langsung, jadi beri mereka tantangan utama untuk mengubah rumah menjadi rumah yang menyeramkan. Untuk beberapa ide yang mudah dan hemat biaya, lihat di sini untuk beberapa kerajinan Halloween yang ramah keluarga.

3. Baca Cerita Halloween
Anak-anak menyukai cerita, jadi mengapa tidak mencari buku bertema Halloween untuk dibaca pada minggu-minggu menjelang tanggal 31 Oktober? Membaca cerita-cerita ini tidak hanya akan membantu anak-anak memahami apa itu liburan dan apa yang dapat mereka harapkan dari trick-or-treat, tetapi juga merupakan waktu berkualitas yang berharga bersama setiap malam.


4. Tonton Kartun Menakutkan (tapi tidak terlalu).
Setidaknya satu malam sebelum Halloween, sisihkan waktu untuk menonton film atau kartun bersama keluarga. Ada beberapa film Halloween ramah keluarga yang bagus seperti It’s the Great Pumpkin, Charlie Brown, Monster House, dan Casper the Friendly Ghost. Saksikan mereka dengan beberapa suguhan Halloween!

Baca juga: Special Screening Film Asterix & Obelix, Elex Media Gelar Pesta Kostum dan Nonton Bareng

5. Membuat Kostum Halloween
Menjelang Halloween, temukan beberapa pakaian usang dan mulailah berkreasi! Anda dapat menemukan segala macam barang di sekitar rumah untuk membuat pakaian buatan sendiri yang bagus untuk didandani anak-anak dan memerankan beberapa skenario seram.

6. Lakukan Trik atau Perawatan
Baik Anda membeli kostum Halloween atau menjadikannya sebagai sebuah keluarga, siapkan kostum tersebut untuk pesta Halloween mana pun dan untuk melakukan trik-atau-treat. Libatkan seluruh keluarga dan ajari anak Anda tentang berbagi dan memberi saat mereka membagikan permen kepada anak-anak yang juga mengunjungi rumahnya.

Baca juga: Seorang Anggota TNI AL Diduga Dianiaya Pak Ogah di Pondok Labu

7. Panggang Camilan Spooktacular
Seringkali, sebagian waktu keluarga dengan kualitas terbaik dihabiskan di dapur. Ya, Anda mungkin membuat kekacauan dan ya, Anda harus membersihkannya, tetapi percayalah ketika kami mengatakan, banyak kenangan indah dan tradisi seumur hidup Anda akan tercipta saat Anda membuat suguhan yang menakutkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas