Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Microsoft Pastikan Stop Layanan Windows XP pada 2014

Microsoft akan menghentikan dukungan dan layanan terhadap Windows XP mulai 8 April 2014 mendatang.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Microsoft Pastikan Stop Layanan Windows XP pada 2014
IST

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jika Anda masih menggunakan Windows XP segeralah upgrade ke Microsoft Windows 7 dan Windows 8. Pasalnya Microsoft akan menghentikan dukungan dan layanan terhadap Windows XP mulai 8 April 2014 mendatang.

Penghentian layanan dukungan dilakukan seiring dengan laporan terbaru dari StatCounter di mana Microsoft Windows 7 berhasil menyingkirkan Windows XP telah menjadi salah satu produk paling sukses sepanjang sejarah dan merupakan sistem operasi (OS) yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Namun seiring munculnya berbagai tantangan baru di dunia komputasi, Microsoft Microsoft juga mengingatkan konsumen dan bisnis agar memperbarui OS mereka dengan Windows 7 & Windows 8 agar tetap terlindung dari berbagai resiko akibat sistem PC mereka yang tidak terlindungi.

"Meskipun pernah menjadi OS paling populer dalam sejarah Microsoft, Windows XP tidak dirancang untuk menghadapi tantangan sekarang, misalnya serangan cyber yang lebih canggih, atau tuntutan privasi yang lebih tinggi, serta berbagai isu lain yang kini dapat ditangani oleh OS Microsoft yang lebih baru seperti Windows 7 dan Windows 8," kata Lucky Gani - Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia di Jakarta, Senin (8/4/2013).

Saat ini diperkirakan sekitar 11,4 juta PC masih menggunakan Windows XP (proyeksi IDC berdasarkan jumlah PC terinstal) dan berisiko terkena serangan cyber akibat tidak adanya update, hotfix, serta dukungan teknis. Kalangan industri pun sepakat ini saat tepat mengupgrade OS yang telah berusia lebih dari 11 tahun ini.

Dikatakannya, sejauh ini, risiko keamanan pada konsumen dan perusahaan merupakan persoalan paling serius karena berdampak pada informasi pribadi dan data perusahaan yang dapat mengganggu kelangsungan bisnis.

BERITA TERKAIT

"Pergeseran dari Windows XP ke Windows 7   menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen telah menggunakan OS yang lebih modern, andal, dan aman untuk aktivitas sehari-hari," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas