Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Lewat Community Chat Nokia Rangkul Komunitas Fotografi

Nokia menggelar Community Chat dengan komunitas fotograf

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Lewat Community Chat Nokia Rangkul Komunitas Fotografi
IST
Peserta worshop fotografi,”Revolusi Kamera Smartphone” berpose usai mengikuti worshop di acara Community Chat. 

TRIBUNNEWS.COM JAKARTANokia Lumia 1020 baru saja diluncurkan. Beragam komentar positif terhadap ponsel kamera beresolusi tinggi ini pun mengemuka.Nokia memang tidak tanggung-tanggung menyematkan kamera pada Lumia 1020 dengan resolusi 41 megapixel.

Sadar akan kualitas kamera yang dimiliki,  Nokia  Minggu (26/1/2014)  menggelar Community Chat dengan komunitas fotografi di Moodz Cafe, Epicentrum, Kuningan. Acara tersebut merupakan ajang  edukasi dan experience Lumia 1020 kepada komunitas fotografi. 

Workshop fotografi tersebut mengambil tema “Revolusi Kamera Smartphone” dengan menghadirkan pembicara,  Arbain Rambey, fotografer senior salah satu koran nasional dan Anvid Erdian, Product Manager Nokia.  

Dalam paparannya, Arbain Rambey mengatakan bahwa kehadiran ponsel kamera dengan resolusi tinggi sangat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil obyek yang berkualitas.

Malahan sekarang ini, lanjut Arbain kebanyakan jurnalis dan fotografer merasa cukup hanya membawa kamera ponsel dengan resolusi tinggi ketimbang membawa kamera DSLR .

 “Jurnalis foto dan wartawan sekarang semakin dimudahkan karena ponsel kamera sudah memiliki kualitas kamera sangat bagus,” tegas  Arbain yang disambut antusias oleh peserta workshop.
Lebih lanjut fotografer senior  ini mengatakan bahwa ke depan hanya akan ada tiga segmentasi kamera. Pertama; DSLR masuk ke segmen studio. Kamera ini hanya akan digunakan di studio foto menggantikan kamera medium format. Kedua;  mirrorless camera menggantikan fungsi DSLR. Ketiga; kamera prosumer dan pocket akan hilang digantikan smartphone kamera. “Revulosinyanya, smartphone kamera akan menggeser dan menggantikan kamera pocket,” terang Arbain dengan nada yakin.  

BERITA TERKAIT

Dari pengamatannya, Arbain melihat setidaknya ada tiga hal  dalam revolusi kamera Lumia 1020. Pertama; terjadi revolusi pada resolusi kamera yang  mencapai 41 mega pixel. Kedua; kualitas warna yang dihasilkan sangat bagus.  Ketiga; mutu dan kualitas lensanya tidak main-main, tajam dan menggunakan carl zeis

Sepanjang pengetesan yang dilakukan Arbain, sensor yang dipakai Lumia 1020 adalah 1/1,5” alias berukuran 8,80 mm x 6, 60 mm.  “Sensor yang dipakai Lumia 1020 ini sensor yang sama dengan yang dipakai  kamera prosumer Fuji XS1. Ini sudah cukup untuk para fotografer dan awak media  untuk mendukung aktivitas,”  ungkap fotografer yang  kerap memenangkan lomba fotografi ini.
Pentingnya Komunitas

Sementara itu, Anvid Erwan, Product manager  Nokia memandang pentingnya edukasi  kepada komunitas. Dalam hal ini, lanjut Anvid, komunitas fotografi   menjadi salah satu  target untuk merasakan kehandalan Lumia 1020.

“Dengan forum Community chat ini  mereka  benar-benar bisa melakukan experience dan mencoba kecanggihan Lumia 1020. Banyak fitur kamera yang dimiliki Lumia 1020, namun tidak dimiliki smartphone lainnya,” ungkap Anvid bangga.   

Eko, salah satu peserta workshop menilai forum seperti Community Chat tersebut sangat bermanfaat bagi dia  dan rekan-rekannya sesama  pecinta fotografi. “Saya merasakan kualitas kamera yang dimiliki Lumia 1020 berbeda dengan kamera smartphone lainnya.  Lumia 1020 lebih  bagus dan kualitas fotonya benar-benar riil,” ungkap eksekutif muda di salah satu perusahaan swasta ini.

Di akhir acara, peserta worshop ditantang  untuk  menunjukkan kemahirannya dengan cara mengikuti lomba foto menggunakan Nokia Lumia 1020. Di sesi inilah, para peserta begitu antusias untuk meg-eksplore  fitur  dan angle menarik.

Juara pertama lomba foto ini diganjar  dengan hadiah utama Nokia Lumia. “Saya sangat senang  bisa mendapatkan ilmu dari fotografer ternama,  Arbain Rambey dan informasi penting  seputar Nokia. Lebih senang lagi, karena saya sebagai pemenangnya,” ungkap Ucup, jura pertama  lomba foto Nokia Lumia 1020.       

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas