Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Otak Makin Encer Jika Berada di Ruangan Bersuhu Ideal

Ternyata tes ini sesuai dengan dugaan Colzato dan Sellaro, bahwa manusia bisa bekerja lebih baik dalam suhu yang mereka inginkan.

Otak Makin Encer Jika Berada di Ruangan Bersuhu Ideal
ist
Ilustrasi wanita karir 

TRIBUNNEWS.COM – Fungsi ingatan manusia bekerja lebih baik dalam suhu ideal, di mana mereka bisa merasa nyaman. Dugaan muncul, bekerja dalam suhu yang diinginkan akan mengurangi “ego depletion”. Yaitu sumber energi yang digunakan saat fungsi mental belum bekerja sepenuhnya.

Colzato dan Sellaro adalah peneliti pertama yang coba meneliti, apakah ingatan manusia bisa bekerja lebih baik dalam suhu yang diinginkan. Penelitian tersebut menunjukan, lingkungan lebih dingin dapat meningkatkan kemampuan mengingat saat melakukan tugas yang berat.

Untuk membuktikan pengaruh suhu terhadap daya ingat, Colzato dan Sellaro membuat tes yang dilakukan dua grup berbeda. Grup pertama memilih suhu dingin, grup kedua memilih suhu hangat.

Setiap partisipan diberi tes ingatan di tiga tempat berbeda. Pertama di tempat dengan suhu 25 derajat celsius, kedua 15 derajat, dan terakhir 20 derajat celsius.

Tes ingatan tersebut diberi nama Tes N-back. Beberapa huruf akan muncul di layar, partisipan harus menebak, apakah huruf tersebut pernah keluar di waktu sebelumnya.

Ternyata tes ini sesuai dengan dugaan Colzato dan Sellaro, bahwa manusia bisa bekerja lebih baik dalam suhu yang mereka inginkan.

Menurut Colzato dan Sellaro,  suhu memang bisa meningkatkan kemampuan kognitif, maka dari itu, bekerja dalam suhu ideal dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Intisari
  Loading comments...
Tags
daya ingat
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas