Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Kali Ini Menteri Tifatul Jadikan Twitter Etalase Pamer Prestasi Kominfo

Tifatul Sembiring dalam Kultwitnya pada 1 Agustus 2014 kemarin juga juga membeberkan sejumlah prestasi yang dicapai oleh Kemenkominfo.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Kali Ini Menteri Tifatul Jadikan Twitter Etalase Pamer Prestasi Kominfo
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Menkoinfo Tifatul Sembiring 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Selain menanggapi berbagai kritikan terhadap kinerja Kementerian Kominfo, Tifatul Sembiring dalam Kultwitnya pada 1 Agustus 2014 kemarin juga juga membeberkan sejumlah prestasi yang dicapai oleh Kemenkominfo.

Disarikan dari postingan Twitter resminya (@tifsembiring), selama Ia menjabat, menurutnya PNBP (Penerimaan Nasional Bukan Pajak) Kemenkominfo naik menjadi Rp 13,6 Triliun per tahun. Sementara anggaran yang terpakai hanya Rp 3 Triliun per tahun.

Di sisi lain, menurut Tifatul, hampir seluruh desa di Indonesia saat ini sudah masuk (terhubung) dengan telepon. Tifatul merinci kurang lebih 72 ribu desa yang sudah terhubung dengan kabel telepon.

Untuk layanan internet, menurut Tifatul seluruh Kecamatan di Indonesia kini sudah terhubung melalui program PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) dan MPLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan).

PLIK dan MPLIK adalah proyek Kementerian Kominfo untuk memberikan akses internet bagi warga di tingkat Kecamatan dan Kota yang selama ini sulit terhubung dengan internet.  

Menurutnya, saat ini sudah ada 5.748 PLIK maupun 1.970 MPLIK di seluruh Kota dan Kabupaten, yang memberikan akses Internet gratis.

Jaringan fiber optic Palapa Ring juga diklaim Tifatul sudah rampung 90%. Selain itu, wilayah jangkauan komunikasi seluler di Indonesia juga telah mencapai 95%. Sebanyak 31 stasiun TVRI baru juga telah dibangun selama Tifatul menjabat.

BERITA TERKAIT

Selain itu, berbagai kegiatan yang dilakukan Kominfo juga turut melahirkan inovator-inovator baru, seperti INAICTA (Indonesia ICT Award), ICT Training Center, proyek e-learning, program beasiswa S2, S3 IT dan Komunikasi, Indonesia Open Source Award, dan sebagainya.

Tifatul Sembring juga mengaku belum puas dengan segala capaiannya tersebut. Ia juga berterimakasih kepada mereka yang selama ini terus memberikan kritikan dan mengatakan tidak puas dengan kinerjanya.

"Ttg yang tidak puas dg kinerja saya sebagai Menkominfo, saya ucapkan terimakasih atas segala masuklannya. Saya sendiri juga belum puas..," demikian kicaunya.

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas