Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Samsung Electronic Peringkat Ketujuh Global Brands Versi Interbrand

Samsung Electronics menduduki peringkat ke-7 kategori “Best Global Brands” dalam laporan tahunan Interbrand yang dirilis akhir pekan lalu.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Samsung Electronic Peringkat Ketujuh Global Brands Versi Interbrand
Samsung Electronic 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Samsung Electronics menduduki peringkat ke-7 kategori “Best Global Brands” dalam laporan tahunan Interbrand yang dirilis akhir pekan lalu.

Laporan Intebrand mengakui pertumbuhan global dari brand value Samsung melalui inisiatif kampanye pemasaran kreatif dan menjadi pemimpin pasar di banyak kategori produk, termasuk smartphone, televisi, perangkat digital, dan perangkat memori.

Naik satu perangkat dari peringkat ke-8 tahun 2008, Samsung mencatat brand value mereka sebesar US$ 45,5 Miliar pada tahun 2014, meningkat 15% dibandingkan tahun 2013 yang tercatat sebesar US$ 39.6 Miliar.

Samsung terus menunjukkan pertumbuhan brand value yang signifikan, lebih dari dua kali lipat tingkat pertumbuhan rata-rata 7,4% yang dicapai oleh World’s Top 100 Brands.

Samsung telah mempertahankan posisi No. 1 nya di pasar smartphone selama duatahun, yang didorong oleh peluncuran produk flagship smartphone termasuk perangkat baru seri GALAXY S dan seri GALAXY Note.

Sedangkan perangkat asesoris seperti Samsung Gear dan Samsung Gear VR yang merupakan mesin pertumbuhan baru Samsung. Kerjasama Samsung dengan merek fashion terkenal dunia dan menjadi sponsor Winter Olympics 2014 juga meningkatkan brand value Samsung dengan konsumennya.

Di pasar produk televisi, Samsung berhasil memperluas kepemimpinan industry globalnya yang sekarang telah memasuki tahun ke-delapan. Ini dibantu oleh pengenalan Curved TV pertama.

Samsung juga memimpin pasar premium untuk peralatan digital, dengan line-up produk baru seperti Chef Collection. Bermitra usaha dengan Chef ternama Michelin dan merek furniture kelas dunia menunjukkan dengan jelas gaya pemasaran Samsung yang inovatif.

Sementara itu dalam bisnis perangkat penyimpan data, Samsung telah berhasil mempertahankan posisi nomor satunya selama 21 tahun, didukung oleh teknologi kepemimpinan dan inisiatif pemasaran yang berorientasi pada konsumen.

Samsung berhasil meningkatkan brand value-nya dengan memfokuskan seluruh aspek dalam perusahaan pada kesamaan merek ideal, yaitu “Accelerating discoveries and possibilities”, dan membuat Samsung hadir di hidup konsumennya dengan sejumlah program yang melibatkan konsumen seperti kampanye “Launching People”; yang mencakup 100 juta orang di seluruhdunia.

“Kami ingin melanjutkan upaya untuk menjadi merek yang menginspirasi melalui ide-ide inovatif dan teknologi yang memberi orang kemampuan untuk merasakan pengalaman baru dan meningkatkan kehidupan manusia,” ujar SP Kim, Chief Marketing Officer Samsung Electronics, Senin (13/10/2014).

Samsung masuk dalam jajaran Top 20 merek global Interbrand pertama kalinya pada tahun 2009, dan bergerak masuk dalam jajaran Top 10 pada tahun 2012, hanya dalam kurun waktu 3 tahun. (Eko Sutriyanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas